Artia, Sisi (2022) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK SISWA SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173321050 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4173321050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3. NIM. 4173321050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 4173321050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5. NIM. 4173321050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. NIM. 4173321050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
13. NIM. 4173321050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
14. NIM 4173321050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat validitas, tingkat kepraktisan dan tingkat efektivitas modul fisika berbasis pendekatan saintifik pada materi usaha dan energi untuk siswa SMA/MA. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA IT Al-Fityan Medan. Uji produk terdiri dari uji skala kecil dan uji skala besar. Uji coba skala kecil melibatkan 10 orang siswa, dan uji coba skala besar melibatkan 33 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi ahli, angket validitas dan kepraktisan oleh guru, angket kepraktisan oleh siswa, dan untuk mengetahui keefektifan modul dengan memberikan soal posttest pada siswa. Pada tahap validasi hasil penilaian ahli materi, mendapat persentase rata- rata yaitu 97,22% dengan kategori sangat layak dan hasil penilaian ahli media mendapat persentase rata-rata yaitu 80,10% dengan kategori layak. Hasil penilaian respon guru fisika, untuk uji validitas mendapat persentase rata-rata 97,91% dan untuk uji kepraktisan mendapat persentase rata-rata 98,53%. Hasil uji kepraktisan oleh siswa dari angket yang diberikan baik uji skala kecil maupun skala besar mendapatkan persentase rata-rata 79,12 % dan 81,15%, hasil uji keefektifan modul yang diberikan kepada kelompok kecil dan besar mendapatkan persentase rata-rata sebesar 70% dan 84, 85%. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak, praktis dan efektif sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 022 |
Keywords: | Pendekatan saintifik; Usaha Energi; Modul; Bahan ajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 05:02 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 05:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46084 |