PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS CRITICAL THINKING PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN FISIKA SMA

Lesmana, Elang Mulia (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS CRITICAL THINKING PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN FISIKA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173121012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173121012 COVER.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173121012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173121012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173121012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173121012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173121012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173121012 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173121012 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173121012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173121012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173121012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173121012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173121012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan instrumen tes berbasis berpikir kritis (Critical Thinking) sebagai instrumen untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran di SMA, untuk mengetahui tingkat keefektifan yang digunakan untuk instrumen berbasis berpikir kritis, dan mengetahui karakteristik instrumen asesmen soal berbasis berpikir kritis yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R & D) dengan menggunakan model 4-D. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Medan. Hasil validitas butir memiliki nilai r_hitung tertinggi yaitu 0,719 (valid) dan r_hitung terendah yaitu 0,345 (cukup valid), hasil uji relabilitas memiliki nilai 0,696 (reliabilitas sedang), Hasil uji tingkat kesukaran memiliki nilai tertinggi yaitu 0,817 (Mudah) dan nilai terendah yaitu 0,242 (Sukar). Hasil uji daya beda memiliki nilai tertinggi yaitu 0,561 (Cukup) dan nilai terendah yaitu 0,199 (Rendah). Hasil uji regresi memiliki nilai r_hitung tertinggi yaitu 0,804 (Sangat Kuat) dan r_hitung terendah yaitu 0 (Lemah). Dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan Instrumen tes berpikir kritis. Berdasarkan keterangan tersebut, maka kesimpulan dari instrumen tes berbasis berpikir kritis (Critical Thinking) di kelas XI pada materi Gerak Melingkar Beraturan yang dikembangkan peneliti mendapatkan hasil yang layak digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 026
Keywords: Instrumen tes; Berpikir kritis; Gerak melingkar beraturan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jun 2022 07:11
Last Modified: 08 Jun 2022 07:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46050

Actions (login required)

View Item
View Item