Panjaitan, Vizha Alfionita (2021) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIA SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153341053 COVER.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
2. NIM. 4153341053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (699kB) | Preview
3. NIM. 4153341053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
4. NIM. 4153341053 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
5. NIM. 4153341053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
9. NIM. 4153341053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
13. NIM. 4153341053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
14. NIM. 4153341053 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (506kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) pada materi Perubahan Lingkungan di kelas X MIA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu (quasi experiment) dengan populasi penelitian seluruh kelas X MIA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 180 siswa. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIA-3 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas Problem Based Learning dan kelas X MIA-4 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas Project Based Learning. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa berbentuk tes objektif (esai) yang berjumlah 15 soal yang sudah divalidasi terlebih dahulu. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa digunakan uji-t. Berdasarkan uji persyaratan data diketahui bahwa data hasil penelitian berdistribusi normal dan kedua kelas memiliki kesamaan varians (homogen). Dari analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata siswa yang diajar dengan Problem Based Learning adalah 72,56 dengan standar deviasi 4,23, dan yang diajar dengan Project Based Learning adalah 69,27 dengan standar deviasi 4,29. Ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, ini dibuktikan melalui uji-t pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 70 diperoleh thitung > ttabel (3,9172 > 1,9967), sehingga dalam penelitian ini H0 ditolak dan menerima Ha. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) pada materi Perubahan Lingkungan di Kelas X MIA SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan T.P. 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 038 |
Keywords: | Problem based learning; Project based learning; Perubahan lingkungan; Hasil belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 09:55 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 09:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46026 |