Pangaribuan, Shanty Stevania (2022) DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) DENGAN MOODLE UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4183351025 COVER.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
2. NIM. 4183351025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
3. NIM. 4183351025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. NIM. 4183351025 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 4183351025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
9. NIM. 4183351025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
13. NIM. 4183351025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. NIM. 4183351025 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain media pembelajaran berbasis learning management system (LMS) dengan moodle yang dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar IPA siswa SMP. Desain media pembelajaran berbasis LMS dengan moodle yang dirancang dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran jarak jauh karena dapat dilakukan tanpa batas ruang dan waktu. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall (1983). Teknik pengambilan sampel sacara acak (random sampling). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 2 kelas dengan 53 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah satu kelas, yaitu kelas VII-2 berjumlah 23 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dua, angket dan tes. Angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Tes untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi kalor dan perpindahannya, berbentuk pilihan berganda dengan 4 option yang telah divalidasi oleh ahli. Rata-rata awal kemandirian belajar siswa sebelum menerapkan desain LMS dengan moodle sebesar 58,69, pada pertemuan pertama dengan menerapkan desain media LMS dengan moodle sebesar 68,17, pada pertemuan kedua sebesar 84,02, pada pertemuan ketiga sebesar 78,96 dan pada pertemuan keempat atau akhir pembelajaran sesudah menerapkan dan menggunakan desain media pembelajaran berbasis LMS dengan moodle sebesar 85. Rata-rata tes awal hasil belajar siswa sebesar 40,07 dan tes akhir sebesar 84,3. Hubungan antara kemandirian dan hasil belajar siswa menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan berbantuan IBM version 25. Korelasi kemandirian dan hasil belajar sebesar 0,897 dengn kategori sangat kuat dengan signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa desain media pembelajaran berbasis LMS dengan moodle dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa dan terdapat hubungan positif antara kemandirian dan hasil belajar siswa di SMP Swasta Methodist 8 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 IPA 002 |
Keywords: | E-learning; Moodle; Kemandirian belajar; Kalor; Learning management system; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 09:04 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 09:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46020 |