PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP RETENSI DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI DI MAN 1 MEDAN T.P 2020/2021

Afriani, Putri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP RETENSI DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI DI MAN 1 MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM 4172141014  COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4172141014 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4172141014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4172141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4172141014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4172141014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4172141014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4172141014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4172141014 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4172141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4172141014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4172141014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4172141014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4172141014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4172141014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4172141014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Retensi pada Materi Sistem Ekskresi di MAN 1 Medan dan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Sikap Ilmiah pada Materi Sistem Ekskresi di MAN 1 Medan. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan, yang terdiri dari dua belas kelas yang berjumlah 435 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal kognitif dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Retensi siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem ekskresi lebih tinggi dari retensi siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Selanjutnya hasil penelitian pada data angket sikap ilmiah siswa pada kelas eksperimen yaitu ketercapaian sikap ilmiah tertinggi diperoleh pada indikator respek terhadap data, sedangkan pada kelas kontrol ketercapaian sikap ilmiah tertinggi diperoleh pada berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 BIO 011
Keywords: Problem based learning; Sikap ilmiah; Sistem ekskresi; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:08
Last Modified: 07 Jun 2022 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45993

Actions (login required)

View Item
View Item