Afriani, Putri (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP RETENSI DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI DI MAN 1 MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4172141014 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM 4172141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM 4172141014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4. NIM 4172141014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. NIM 4172141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM 4172141014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
13. NIM 4172141014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
14. NIM 4172141014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Retensi pada Materi Sistem Ekskresi di MAN 1 Medan dan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Sikap Ilmiah pada Materi Sistem Ekskresi di MAN 1 Medan. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan, yang terdiri dari dua belas kelas yang berjumlah 435 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal kognitif dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Retensi siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem ekskresi lebih tinggi dari retensi siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Selanjutnya hasil penelitian pada data angket sikap ilmiah siswa pada kelas eksperimen yaitu ketercapaian sikap ilmiah tertinggi diperoleh pada indikator respek terhadap data, sedangkan pada kelas kontrol ketercapaian sikap ilmiah tertinggi diperoleh pada berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 011 |
Keywords: | Problem based learning; Sikap ilmiah; Sistem ekskresi; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 04:08 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45993 |