Lumbantobing, Monica (2021) HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) ANALYSIS OF BIOLOGY EDUCATION STUDENTS FMIPA UNIMED 2018 ON ANIMAL PHYSIOLOGY COURSE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173141043 COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM. 4173141043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
3. NIM. 4173141043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4. NIM. 4173141043 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. NIM. 4173141043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
9. NIM. 4173141043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
13. NIM. 4173141043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 4173141043 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa Pendidikan Biologi tahun 2018 pada mata kuliah Fisiologi Hewan dilihat dari rata-rata skor hasil, ranah kognitif dan respon mahasiswa terhadap kesulitan dalam mengerjakan soal HOTS. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Level HOTS mahasiswa beraada pada level menengah dengan nilai rata-rata 57,66 dengan persentase siswa yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam kategori sangat baik adalah 2,63%; kategori baik sebesar 32,89%; kategori cukup sebesar 59,21%; kategori buruk sebesar 5,26% dan kategori sangat buruk sebesar 0%. (2) Level HOTS mahasiswa pada tingkat menganalisis berada pada kategori baik dengan persentase 69,34, pada tingkat menganalisis masuk dalam kategori cukup sebesar 59,21% dan pada tingkat mencipta masuk dalam kategori cukup sebesar 42,23%. Uji ANOVA menunjukkan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara nilai C4, C5 dan C6. (3) Kesulitan yang dialami mahasiswa adalah memahami soal dan menerjemahkan arti soal. Kesulitan yang paling banyak dialami mahasiswa adalah dalam merancang eksperimen, merumuskan masalah, membuat diagram alir dan membuat peta pikiran. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan mahasiswa Pendidikan Biologi dalam menyelesaikan soal-soal Sistem Pencernaan Hewan tipe HOTS masih dalam kategori cukup dan perlu ditingkatkan terutama pada level C5 dan C6.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 008 |
Keywords: | Digestive system; Problem solving; Critical thinking; Creative thinking; Decision making |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 02:42 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45986 |