DARI, SRIWULAN (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI JURNAL KHUSUS KELAS X AKUNTANSI DI SMK PANCA BUDI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173342050 COVER.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
2. NIM. 7173342050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
3. NIM. 7173342050 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
4. NIM. 7173342050 PREFACE.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
5. NIM. 7173342050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
6. NIM. 7173342050 TABLES.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
7. NIM. 7173342050 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
8. NIM. 7173342050 APPENDCES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
9. NIM. 7173342050 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
13. NIM. 7173342050 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
14. NIM. 7173342050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
Abstract
Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi ini dilatar belakangi oleh kurang efektifnya media yang digunakan guru untuk menyampaikan materi jurnal khusus dalam pembelajaran jarak jauh. Diketahui bahwa siswa kesulitan dalam memahami materi jurnal khusus, maka diperlukan adanya inovasi media ajar yang sesuai menghantarkan materi dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran dan meningkatkan daya tarik sehingga siswa lebih mudah memahami materi Jurnal Khusus yang diberikan selama pembelajaran jarak jauh.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada materi jurnal khusus, mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan dan seberapa efektif media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (disseminate). Instrument pada penelitian ini menggunakan angket dan soal tes. Dimana angket ditujukan kepada validator ahli dan responden partisipasi belajar siswa, sedangkan soal tes digunakan untuk mengetahui presentase tingkat hasil belajar siswa menggunakan media yang dikembangkan.
Hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) penilaian kelayakan/kevalidan media oleh ahli materi sebesar 90% berada pada kategori “Sangat Layak” untuk digunakan, validasi ahli media sebesar 88,33% termasuk kategori “Sangat Layak” untuk digunakan dan validasi materi oleh guru mata pelajaran sebesar 96% dalam ketegori “Sangat Layak”. (2) penilaian Keefekrifan media dari tes hasil belajar siswa sebesar 87,5% menunjukkan kategori “Sangat Tinggi”. (3) Penilaian keefektifan tes responden partisipasi belajar siswa sebesar 84% dalam kategori “Tinggi” hasil tersebut menunjukkan bahwa produk media pembelajaran berbasis video animasi yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan kelas X di SMK Panca Budi 2 Medan dalam pembelajaran jarak jauh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi, Jurnal Khusus |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 02:46 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45979 |