Hutagalung, Putri Utari (2021) PENERAPAN STRATEGI HEURISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPS PEMBANGUNAN NASIONAL PANGKALAN SUSU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171111041 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4171111041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 4171111041 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
4. NIM. 4171111041 PREFACE.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
5. NIM. 4171111041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
9. NIM. 4171111041 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM. 4171111041 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
14. NIM. 4171111041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi heuristik dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika pada materi statistika pada siswa kelas VIII di SMP Pembangunan Nasional. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan jenis penelitian yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing dua kali pertemuan. Siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Pembangunan Nasional yang berjumlah 22 siswa. Lembar observasi guru dan siswa, serta tes kemampuan berpikir kritis matematis, digunakan untuk mengumpulkan data. Ujian kemampuan berpikir kritis matematis I dan II dilaksanakan dua kali. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis dapat menganalisis dan memahami masalah, mensintesis masalah, memecahkan masalah, dan menarik kesimpulan setelah diberikan tindakan pada siklus I dan II. Siswa yang tuntas tes kemampuan berpikir kritis matematis pada siklus I sebanyak 10 dari 22 siswa (45,45 persen) dengan rata-rata 52,11, dan pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 19 dari 22 siswa. siswa (86,36 persen) dengan rata-rata 67,94, memenuhi kriteria ketuntasan klasikal karena 80 persen siswa memiliki kemampuan berpikir kritis dalam kategori cukup. Penerapan teknik heuristik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Pembangunan Nasioanal, sesuai dengan temuan penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 020 |
Keywords: | Berpikir kritis; Pembelajaran heuristik; Statistika; Macromedia flash |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Aug 2022 08:37 |
Last Modified: | 25 Aug 2022 08:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45970 |