Sihombing, Novita (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173111056 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4173111056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
3. NIM 4173111056 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4. NIM 4173111056 PREFACE.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5. NIM 4173111056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. NIM 4173111056 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
13. NIM 4173111056 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM 4173111056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah melalui google classroom terhadap motivasi belajar matematika; (2) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah melalui google classroom terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan yang yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data motivasi berupa angket motivasi belajar matematika sedangkan data komunikasi matematis dikumpulkan menggunakan test uraian. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran berbasis masalah melalui google classroom berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika dengan nilai rata-rata motivasi belajar matematika siswa di kelas kontrol sebesar 79,6 sedangkan kelas eksperimen sebesar 85,2; (2) model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis di kelas kontrol sebesar 70 sedangkan kelas eksperimen sebesar 81,25.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 016 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Motivasi belajar; Komunikasi matematis; Google classroom; Bilangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 03:44 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45967 |