STUDI LITERATUR : PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Saragih, Nicky Anriani (2021) STUDI LITERATUR : PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM . 4171111036 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM . 4171111036 COVER.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM . 4171111036 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM . 4171111036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (789kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM . 4171111036 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM . 4171111036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM . 4171111036 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM . 4171111036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM . 4171111036 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM . 4171111036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM . 4171111036 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM . 4171111036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM . 4171111036 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM . 4171111036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM . 4171111036. BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM . 4171111036. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa artikel untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan di Digital Library Universitas Negeri Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah Studi Kepustakaan (Library Research). Teknik Pengumpulan data melalui dokumentasi diperoleh dari lima artikel jurnal yang relevan dengan topic kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran problem based learning. Hasil analisis penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: peran guru sebagai fasilitator, partisipasi aktif siswa, serta bahan ajar yang di desain sesuai dengan model pembelajaran problem based learning. Hasil penelitian mengimplikasikan bahwa model problem based learning membantu siswa dalam menguasai konsep-konsep yang dipelajari guna memecahkan masalah dunia nyata, memahami pengetahuan baru yang diperolehnya, meningkatkan motivasi belajar dan aktivitas pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 021
Keywords: Studi kepustakaan; Problem based learning; Pemahaman konsep; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:15
Last Modified: 15 Sep 2022 06:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45965

Actions (login required)

View Item
View Item