Nasution, Alfin Sahruddin (2021) HUBUNGAN PELAKSANAAN TUGAS BERORIENTASI KKNI TERHADAP SIKAP ILMIAH MAHASISWA PADA MATA KULIAH MORFOLOGI TUMBUHAN JURUSAN BIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN ANGKATAN 2019/ 2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171141003 COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM 4171141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM 4171141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM 4171141003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
5. NIM 4171141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM 4171141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
13. NIM 4171141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
14. NIM 4171141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Universitas Negeri Medan menerapkan Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) untuk mencetak calon guru yang berkompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan Tugas Berorientasi KKNI, Sikap ilmiah mahasiswa, dan mengetahui hubungan pelaksanaan tugas berorientasi KKNI terhadap sikap ilmiah pada mata kuliah morfologi tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Biologi A 2019, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket, serta dokumentasi. Tanggapan mahasiswa terhadap pelaksanaan tugas berorientasi KKNI sebesar 67,86% pada kategori baik sedangkan pada indikator-indikator yang terdapat pada pelaksanaan tugas berorientasi KKNI sebanyak enam indikator ada pada kategori sangat baik. Sikap ilmiah mahasiswa sebesar 89,29 % pada kategori baik sedangkan pada indikator indikator yang terdapat pada sikap ilmiah sebanyak enam indikator ada pada kategori sangat baik, satu indikator ada pada kategori baik dan satu indikator pada kategori kurang baik. Ada hubungan pelaksanaan tugas berorientasi KKNI terhadap sikap ilmiah mahasiswa dalam penelitian ini adalah sedang, dengan koefisien korelasi sebesar 0.41, dan uji t yaitu thitung (2.288) > ttabel (2.055) serta kontribusi pelaksanaan tugas berorientasi KKNI terhadap sikap ilmiah mahasiswa sebesar 16%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 029 |
Keywords: | Sikap ilmiah; Kurikulum; Morfologi tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QK Botany > QK640 Plant anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 03 Jun 2022 05:06 |
Last Modified: | 03 Jun 2022 05:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45946 |