SYAFITRI, MIA DWI (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AK SMKS TRITECH INFORMATIKA MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7172142017 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. NIM 7172142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
3. NIM 7172142017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
4. NIM 7172142017 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM 7172142017 TABLE OF CONTEN.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
6. NIM 7172142017 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7172142017 TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 7172142017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 7172142017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM 7172142017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM 7172142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa di kelas X Ak SMKS Tritech Informatika Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak SMKS Tritech Informatika Medan tahun pembelajaran 2020/2021 melalui penerapan model pembelajaran flipped classroom.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Tritech Informatika Medan yang beralamat di Jl. Bhayangkara No.484, Indra Kasih, Kec. Medan Tembung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ak SMKS Tritech Informatika Medan dengan jumlah 32 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran flipped classroom. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing – masing siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi adalah berupa soal essay. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif. Indicator keberhasilan tindakan dilakukan dengan menentukan indikator proses, indikator output, hasil belajar akuntansi ditentukan jika siswa memperoleh nilai ≥ 70 dan kelas dinyatakan mencapai ≥ 80% dan indikator dampak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran flipped classroom memiliki persentase ketuntasan sebesar 40,62% dengan nilai rata – rata 61,40. Pada siklus I, persentase ketuntasan hasil belajar akuntansi sebesar 71,87% dengan nilai rata – rata 75,62. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan hasil belajar akuntansi siswa sebesar 84,37% dengan rata – rata 80,63. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran flipped classroom terbukti dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak SMKS Tritech Informatika Medan T.P 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Flipped Classroom, Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 05:03 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45937 |