Harahap, Fatma Dewani (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PERGURUAN PRAYATNA DAN PERGURUAN BUDISATRYA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116121021 Cover.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
2. 8116121021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
3. 8116121021 Abstrak.pdf - Published Version
Download (585kB) | Preview
4. 8116121021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
5. 8116121021 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
6. 8116121021 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
7. 8116121021 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
8. 8116121021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
9. 8116121021 Bab I.pdf - Published Version
Download (870kB) | Preview
10. 8116121021 Bab V.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
11. 8116121021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Two Stay Two Stray dan hasil belajar kelompok siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Ekspositori pada mata pelajaran Bahasa Inggris, (2) perbedaan hasil belajar Bahasa Inggris siswa antara kelompok siswa yang memiliki interaksi sosial kooperatif dengan kelompok siswa yang memiliki interaksi sosial kompotitif, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan interkasi sosial terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah suswa kelas VIII (delapan) SMP Prayetna dan Budi Satrya Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 terdiri dari 10 kelas dengan sebaran seluruh siswa berjumlah 411 orang. Sampel penelitian ini ditetapkan satu kelas sebagai kelas pembelajaran Two Stay Two Stray dan satu kelas pembelajaran ekspositori. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah tes dan angket. Tes digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar. Sedangkan angket digunakan untuk melihat karakteristik interaksi sosial siswa. Uji normalitas dengan uji Lilliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Barlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α=0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe.Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajar kan dengan strategi pembelajaran Two Stay Two Stray lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori , dengan Fhitung = 35,08 > Ftabel 3,96, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan interaksi sosial kooperatif lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang dengan interaksi sosial kompetitif , dengan Fhitung = 4,28 > Ftabel =3,96, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan interaksi sosial terhadap hasil belajar Bahasa Inggris dengan Fhitung = 9,94 > Ftabel = 3,96.Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa dengan karakteristik interaksi sosial kooperatif maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran Two Stay Two Stray dan siswa dengan karakteristik interaksi sosial kompetitif maka strategi yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran ekspositori. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Bahasa Inggris yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya interaksi sosial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Har p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Hasil Belajar; |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4583 |