PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM

Sitanggang, Agnes Debora Cyntia (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4163311001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4163311001 COVER.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4163311001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4163311001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4163311001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4163311001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4163311001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4163311001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4163311001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4163311001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4163311001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4163311001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4163311001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4163311001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4163311001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4163311001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematis, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara disiplin belajar terhadap kemampuan penalaran matematis serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minat belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP N 1 Pantai Cermin.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Pantai Cermin, dengan sampel sebanyak 32 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian berupa tes uraian (essay) yang terdiri dari 15 butir pernyataan untuk angket minat belajar, 15 butir pernyataan untuk angket disiplin belajar siswa dan 4 butir soal untuk tes kemampuan penalaran matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui statistic deskriptif, analisis regresi dan koefisien korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel. Minat belajar (X1) terhadap variabel kemampuan penlaran matematis (Y) dengan nilai = 2,105 dan koefisien determinasi ( ) sebesar 0,129 atau 12,9%. Ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel minat belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa adalah lemah. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel disiplin belajar (X2) terhadap variabel kemampuan penalaran matematis (Y) dengan nilai = 2,643 dan koefisien determinasi ( ) sebesar 0,189 atau 18,9%. Ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel disiplin belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa adalah lemah. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel minat belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) secara bersama-sama terhadap variabel kemampuan penalaran matematis (Y) dengan nilai = 4,785 dan koefisien determinasi ( ) sebesar 0,248 atau 24,8%. Ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel minat belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan penalaran matematis siswa adalah lemah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 087
Keywords: Minat belajar; Disiplin; Penalaran matematis; Pembelajaran kooperatif; Google classroom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Apr 2022 07:41
Last Modified: 04 Apr 2022 07:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45805

Actions (login required)

View Item
View Item