Ginting, Dasa Oktaviani Br. (2021) Pengembangan Bahan Ajar Audiovisual Berbasis Website Materi Teks Hikayat Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2173111007 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. NIM 2172111003 APPROVAL SHEETT.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
3. NIM 2173111007 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4. NIM 2173111007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
5. NIM 2173111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
6. NIM 2173311011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
7. NIM 2173111007 ILST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
8. NIM 2173111007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. NIM 2173111007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (721kB) | Preview
13. NIM 2173111007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM 2173111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dari tahapan proses pengembangan bahan ajar dan memperoleh hasil validasi produk terhadap pengembangan bahan ajar audiovisual berbasis website materi materi teks hikayat siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun Pembelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) Perbaikan Desain, dan 6) Revisi Produk. Bahan ajar audiovisual yang dikembangkan, divalidasi oleh satu orang dosen ahli materi dan seorang dosen ahli media. Website yang telah dikembangkan, divalidasi oleh seorang ahli IT yang bekerja di Ajobthing BhD Malaysia sebagai senior back-end engineering. Uji Coba Produk dilaksanakan dengan satu orang responden yaitu guru Bahasa Indonesia SMA negeri 2 Kabanjahe. Hasil penelitian ini telah menghasilkan produk berupa bahan ajar audiovisual dalam bentuk video interaktif, petunjuk penggunaan bahan ajar berbasis website, lembar kerja peserta didik (LKPD), dan evaluasi pembelajaran. Semua hasil dari pengembangan produk tersebut di unggah dalam website yang telah dikembangkan dengan alamat situs http://smanduka.herokuapp.com/. Hasil yang didapatkan dari validasi materi mencapai persentase sebesar 96%, hasil validasi ahli media menunjukkan hasil persentase 94%, validasi website oleh validator ahli IT yang menunjukkan hasil 96% (penggunaan mobile) dan 99% (penggunaan desktop) dan validasi akhir yaitu hasil penilaian dari guru bahasa Indonesia yang menunjukkan persentase sebesar 96%, semua hasil penilaian tersebut termasuk dalam kategori penilaian ‘Sangat Baik’. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar audiovisual berbasis website materi teks hikayat kelas X SMA negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2020/2021 tersebut memiliki kualitas yang layak dan dapat diterima sebagai salah satu bahan ajar berbasiskan web dengan kategori Valid (Sangat Baik).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Bahan Ajar Audiovisual; Berbasis Website; Teks Hikayat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 06:49 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45778 |