Ketaren, Dahlia Rizky (2021) ANALISIS PENGARUH RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP IT AR-RASYID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173311019 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
2. NIM. 4173311019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
3. NIM. 4173311019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4. NIM. 4173311019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM. 4173311019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM. 4173311019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
13. NIM. 4173311019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
14. NIM. 4173311019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk (1) mengetahui hasil kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan dari setiap kelompok resiliensi matematis. (2) mengetahui analisis pengaruh resiliensi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah kelas IX di SMP IT Ar-Rasyid yang berjumlah 25 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket resiliensi matematis, tes kemampuan komunikasi serta pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kelompok resiliensi matematis tinggi dapat menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis dengan sangat baik dan memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu written text, Drawing, dan Mathematical Expressiom dengan presentase 54%. Siswa dengan kelompok resiliensi matematis sedang dapat menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis dengan cukup baik serta dapat memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu Mathematical Expression dan Written Text dengan presentase 35%. Siswa dengan kelompok resiliensi matematis rendah dapat menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis dengan kurang baik dan hanya memenuhi satu indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu Mathematical Expression dengan presentase 12%. (2) Terdapat pengaruh positif siswa dengan resiliensi matematis yang baik terhadap kemampuan komunikasi matematis yang baik pula.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 071 |
Keywords: | Komunikasi matematis; Resiliensi matematis; Kemampuan siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 07:23 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45768 |