UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL ABILITY SISWA DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN TEORI VAN HIELE

Sihombing, Anjelika (2021) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL ABILITY SISWA DENGAN PENERAPAN PEMBELAJARAN TEORI VAN HIELE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4171111007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4171111007 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4171111007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4171111007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4171111007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4171111007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4171111007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4171111007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4171111007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4171111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4171111007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4171111007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4171111007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4171111007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4171111007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4171111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan Spasial Ability siswa pada materi Bangun Datar melalui Penerapan Teori Van Hiele di kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi guru dan siswa, dan tes kemampuan Spasial Ability. Tes dilakukan sebanyak 3 kali yaitu tes awal, tes kemampuan Spasial Ability I, dan tes kemampuan Spasial Ability II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan spasial ability siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun datar sebelum diberi tindakan siswa belum mampu dalam Tahap 0 (Visualisasi) (65,83%), siswa belum mampu dalam menganalisis soal yang diberikan dengan benar (49,11%), siswa tidak dapat menyelesaikan Tahap 2 (Deduksi Formal) (40%), siswa tidak dapat menyelesaikan masalah dengan pada Tahap 3 (Deduksi) (30,83%), dan siswa belum mampu membuktikan sebuah Teorema/Rumus dengan Tahap 4 (Rigor) (44,16%). Setelah diberikan tindakan pada siklus I dan siklus II diperoleh siswa telah mampu dalam mengidentifikasi bangun berdasarkan bentuknya, siswa mampu dalam menganalisis soal yang diberikan, siswa dapat menyelesaikan Tahap deduksi formal, siswa dapat menyelesaikan Tahap deduksi dan siswa dapat menyelesaikan Tahap Rigor dari hasil penyelidikan. Hasil tes kemampuan Spasial Ability yang diberikan pada siklus I secara klasikal diperoleh informasi bahwa banyak siswa yang mampu tuntas sebanyak 9 siswa dari 30 siswa (30%) dengan nilai rata-rata 55,16. Pada siklus II, siswa yang tuntas meningkat menjadi 26 siswa dari 30 siswa (86,66%) dengan rata-rata 80 dan telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal karena 85% dari jumlah siswa memiliki kemampuan Spasial Ability pada kategori cukup yaitu manimal nilai ≥ 65. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Teori Van Hiele dapat meningkatkan kemampuan Spasial Ability siswa di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 019
Keywords: Geometri; Kemampuan spasial matematika; Bangun datar; Teori Van Hiele
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:46
Last Modified: 30 Mar 2022 04:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45765

Actions (login required)

View Item
View Item