BR GINTING, FRISCA SABINA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMKNEGERI 1 MEDAN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173144010 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 7173144010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
3. NIM. 7173144010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. NIM. 7173144010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
5. NIM. 7173144010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 7173144010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7173144010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7173144010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 7173144010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
13. NIM. 7173144010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 7173144010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Pembelajaran Make A Match pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK Negeri 1 Medan T.A 2020/2021.Populasi penelitian ini adalah Siswa/I kelas X OTKP 2,3 dan 4 dengan jumlah sampel 51 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran angket secara Online melalui Google Form dan dokumentasi.
Pengujian ini menggunakan uji instrument berupa uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan kepada 30 responden. Uji Validitas pada angket variabel X1 Terdapat 3 Angket yang tidak valid sehingga yang digunakan adalah 17 item angket yang valid. Pada uji validitas angket variabel X2, 20 item angket yang di uji didapat hasil bahwa keseluruhan angket tersebut dinyatakan valid.Pada Hasil uji reliabilitas angket Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yaitu 0,907 > 0,482 dang angket Model Pembelajaran Make A Match 0,607 > 0,444. Hasil Uji Asumsi klasik diperoleh normalitas sebesar 0,200 > 0,05, uji linearitas Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar (NHT) sebesar 0,105 > 0,05 dan Model Pembelajaran Make A Match diperoleh 0,883 > 0,05. Sedangkan Uji Multikolinearitas diperoleh nilai tolerance sebesar 0,223 > 10 dan VIF sebesar 4.490 > 10.
Dari hasil analisis data dengan menggunakan analisis regresi liniear berganda diperoleh persamaan Y = 10,022 + 0,452 X1 + 0,584 X2, pengujian uji-t pada variabel (X1) diperoleh thitung > ttabel = (7,018 > 2,011) dan variabel (X2) diperoleh thitung > ttabel = (7,844 > 2,011). Selanjutnya pengujian determinasi R2 sebesar 0,749 yang berarti variabel Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Pembelajaran Make A Match berpengaruh 74,9 % terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa 1) Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) memiliki pengaruh secara Positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 Medan 2) Model Pembelajaran Make A Match memiliki pengaruh secara Positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata Pelajaran Kearsipan di SMK Negeri 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Model Pembelajaran Make A Match, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 May 2022 02:00 |
Last Modified: | 30 May 2022 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45762 |