Hutasuhut, Addiestya Rosa (2021) PENGARUH STRATEGI PEER INSTRUCTION DAN SCAFFOLDING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X SMA NEGERI 1 BILAH HULU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173311001 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. NIM 4173311001 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
3. NIM 4173311001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. NIM 4173311001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
5. NIM 4173311001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
8. NIM 4173311001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
12. NIM 4173311001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
13. NIM 4173311001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran peer instruction dan scaffolding terhadap pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika serta untuk mengetahui adanya interaksi antara strategi peer instruction dan scaffolding terhadap pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Bilah Hulu tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasy experimental) dengan rancangan post-test only control group design. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen satu dan satu kelas sebagai kelas eksperimen dua.
Berdasarkan hasil penelitian yang diuji dengan ANOVA pemahaman konsep dari kelas eksperimen satu dan kelas eksperimen dua disimpulkan bahwa: 1) memperoleh signifikan sebesar 0,233, signifikan > 0,05 yang artinya H_0A diterima atau tidak terdapat pengaruh dari salah satu strategi yang digunakan. Hasil uji tidak berpengaruh dikarenakan kedua strategi menghasilkan nilai pemahaman konsep yang baik untuk masing-masing kelas eksperimen. 2) memperoleh signifikan sebesar 0,610 > 0,05 artinya H_0AB diterima atau tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran peer instruction dan scaffolding dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 040 |
Keywords: | Peer instruction; Scaffolding; Pemahaman konsep; Persamaan linear tiga variabel; Four-tier diagnostic test |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 08:03 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 08:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45750 |