Pasaribu, Ossye Nathasia (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173311078 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM. 4173311078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM 4173311078 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM. 4173311078 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 4173311078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 4173311078 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
13. NIM. 4173311078 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
14. NIM. 4173311078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal open ended berdasarkan prosedur newman, 2) mengetahui faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP dalam menyelesaikan soal open ended berdasarkan prosedur newman. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Sidikalang. Sampel penelitian yaitu kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Sidikalang. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sidikalang dalam menyelesaikan soal open ended materi relasi dan fungsi berdasarkan prosedur Newman adalah : (a) kesalahan membaca soal; (b) kesalahan memahami masalah;(c) kesalahan transformasi; (d) kesalahan keterampilan proses; dan (e) kesalahan penulisan. 2) Faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sidikalang dalam menyelesaikan soal open ended materi relasi dan fungsi berdasarkan prosedur Newman adalah sebagai berikut : (a) Siswa tidak memahami soal, tidak mengetahui langkah apa yang harus ditempuh untuk menyelesaikan soal; (b) Siswa tidak bisa memahami arti keseluruhan dari suatu soal, tidak menuliskan dan menjelaskan apa yang diketahui dan ditanya dari soal tersebut; (c) Siswa tidak dapat menyelesaikan soal sesuai dengan konteks yang dimaksud pada soal; (d) Siswa tidak dapat menentukan operasi dan langkah penyelesaian yang tepat untuk menyelesaikan soal; (e) Siswa kurang teliti dalam melihat apa yang dibutuhkan dalam soal sehingga tidak menyelesaikannya dengan tuntas; dan (f) Siswa kurang teliti dalam membaca soal dan menuliskan informasi yang diberikan dalam soal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 058 |
Keywords: | Pemecahan masalah matematis; Analisis kesalahan; Soal open ended; Prosedur Newman; Relasi; Fungsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Mar 2022 07:37 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45748 |