Akmal, Baiti (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, REFRESENTASI MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH DENGAN TANPA AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116171002 Cover.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. 8116171002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (965kB) | Preview
3. 8116171002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
4. 8116171002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. 8116171002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. 8116171002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
7. 8116171002 Daftar Diagram.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. 8116171002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. 8116171002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
10. 8116171002 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
11. 8116171002 Bab V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
12. 8116171002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph. (2) Perbedaan kemampuan representasi antara siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph. (3) Perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph (4) Kadar aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah berlangsung. (5) Proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Medan dan mengambil 2 sampel kelas XI SMA Negeri 1 Medan secara acak dari 13 kelas. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) tes kemampuan representasi matematika dan (3) Angket motivasi (4) lembar observasi. Analisis data digunakan uji-t pada = 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph (2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph. (3) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph. (4) Aktivitas siswa yang pembelajaranya dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph lebih baik/lebih aktif dibandingkan dengan model pembelajaran berbasis masalah tanpa autograpah (5) Proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajaranya dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Akm p |
Keywords: | Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Pemecahan Masalah; Representasi Matematika dan Motivasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 Jun 2016 05:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4563 |