Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap Sikap Ilmiah, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Keterampilan Proses Sains Materi Sumber Energi di Kelas IV SD Negeri 053981 Karang Sari.

Depari, Siska Erviani (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap Sikap Ilmiah, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Keterampilan Proses Sains Materi Sumber Energi di Kelas IV SD Negeri 053981 Karang Sari. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8166181031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8166181031 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8166181031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8166181031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8166181031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8166181031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8166181031 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166181031 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8166181031 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166181031 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8166181031 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166181031 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8166181031 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166181031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8166181031 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166181031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8166181031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8166181031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8166181031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166181031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8166181031 REFERENCES.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8166181031 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing, inkuiri bebas termodifikasi, dan pembelajaran langsung terhadap sikap ilmiah, kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains pada materi Sumber Energi di SD Negeri 053981 Karang Sari. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan sampel terdiri dari 3 kelas paralel. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, dimana kelas IVA sebagai kelas eksperimen I, IVB eksperimen II, dan IVC sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANACOVA) dengan bantuan aplikasi SPSS 22.00. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk angket untuk sikap illmiah, pilihan berganda untuk tes keterampilan proses sains dan uraian untuk tes kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data diperoleh bahwa siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing lebih baik dari model inkuiri bebas termodifikasi dan pembelajaran langsung pada materi Sumber Energi, dimana: (1) Sikap ilmiah memiliki nilai rata-rata (mean= 89,05) dengan signifikansi 0.000 < 0.05; (2) Pada kemampuan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata (mean= 88,81) dengan signifikansi 0.000 < 0.05; dan (3) Keterampilan proses sains memiliki nilai rata-rata (mean= 87,62) dengan signifikansi 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Dep p
Keywords: Inkuiri; Pembelajaran Langsung; Sikap Ilmiah; Kemampuan Berpikir Kritis; Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Feb 2022 09:47
Last Modified: 22 Feb 2022 09:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45553

Actions (login required)

View Item
View Item