Depari, Siska Erviani (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap Sikap Ilmiah, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Keterampilan Proses Sains Materi Sumber Energi di Kelas IV SD Negeri 053981 Karang Sari. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166181031 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM 8166181031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
3. NIM 8166181031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4. NIM 8166181031 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 8166181031 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM 8166181031 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM 8166181031 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 8166181031 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 8166181031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. NIM 8166181031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
14. NIM 8166181031 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing, inkuiri bebas termodifikasi, dan pembelajaran langsung terhadap sikap ilmiah, kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains pada materi Sumber Energi di SD Negeri 053981 Karang Sari. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan sampel terdiri dari 3 kelas paralel. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, dimana kelas IVA sebagai kelas eksperimen I, IVB eksperimen II, dan IVC sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANACOVA) dengan bantuan aplikasi SPSS 22.00. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes berbentuk angket untuk sikap illmiah, pilihan berganda untuk tes keterampilan proses sains dan uraian untuk tes kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data diperoleh bahwa siswa yang dibelajarkan dengan model inkuiri terbimbing lebih baik dari model inkuiri bebas termodifikasi dan pembelajaran langsung pada materi Sumber Energi, dimana: (1) Sikap ilmiah memiliki nilai rata-rata (mean= 89,05) dengan signifikansi 0.000 < 0.05; (2) Pada kemampuan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata (mean= 88,81) dengan signifikansi 0.000 < 0.05; dan (3) Keterampilan proses sains memiliki nilai rata-rata (mean= 87,62) dengan signifikansi 0.000 < 0.05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Dep p |
Keywords: | Inkuiri; Pembelajaran Langsung; Sikap Ilmiah; Kemampuan Berpikir Kritis; Keterampilan Proses Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 09:47 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 09:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45553 |