Pasaribu, Regina (2021) Penerapan Model Pembelajaran PBL Menggunakan Media Flashcard Berbasis Online Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173131037 COVER.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
2. NIM 4173131037 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 4173131037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
4. NIM 4173131037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (686kB) | Preview
5. NIM 4173131037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (850kB) | Preview
6. NIM 4173131037 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
7. NIM 4173131037 TABLE.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
8. NIM 4173131037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (630kB) | Preview
9. NIM 4173131037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM 4173131037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
14. NIM 4173131037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (901kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas belajar dan korelasi yang signifikan antara peningkatan hasil belajar dengan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan flashcard pada materi ikatan kimia yang hanya mencakup materi ikatan kovalen di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Dari hasil analisis data diperoleh (1)hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Leaning menggunakan flashcard (83,83) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (66,16). Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t-satu pihak dengan hasil penelitian ini pada taraf signifikan 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa pada hasil belajar thitung > ttabel (8,56 > 1,6775). (2)aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan flashcard (82,88) lebih tinggi daripada aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction (61,88). Uji hipotesis menunjukkan bahwa pada aktivitas belajar thitung > ttabel (8,26 > 1,6775). (3)terdapat korelasi yang signifikan antara peningkatan hasil belajar dengan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan flashcard. Hasil korelasi antara kedua variabel termasuk ke dalam kategori sangat tinggi, dengan kontribusi aktivitas terhadap peningkatan hasil belajar sebesar 66% sedangkan 34% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar, aktivitas siswa, flashcard, problem based learning, ikatan kovalen. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 18 Feb 2022 03:26 |
Last Modified: | 18 Feb 2022 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45525 |