Ginting, Siti Salamah (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP AR-RAHMAN MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN OPEN-ENDED BERBASIS BRAIN-GYM. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (662kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah peningkatan kemampuanberpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran open-ended berbasis brain -gym lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan gender siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis (3) bagaimanakah proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran open-ended berbasis brain -gym dan pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Ar-Rahman dan sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas VII-A (kelas eksperimen) dan kelas VII- B (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan berpikir kreatif matematis, (2) skala kemandirian belajar. Hasil uji coba untuk tes kemampuan berpikir kreatif matematis didapat validitas berturut-turut sebesar 0,640; 0,698;0,709; 0,721; dan 0,605 dengan reliabilitas untuk tes berpikir kreatif matematis sebesar 0,692. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji ANAKOVA dan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran open-ended berbasis brain-gym lebih tinggi dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan gender terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,499 yang lebih besar dari taraf signifikansi � = 0,05 (3) proses penyelesaian jawaban siswa yang memperoleh pembelajaran open-ended berbasis brain-gym lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Dari penelitian ini, peneliti menyarankan untuk membuat perencanaan yang baik, memperhatikan karakteristik siswa, penggunaan waktu yang efisien, serta untuk peneliti selanjutnya lebih menggali lebih jauh untuk kemampuan yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Gin p |
Keywords: | Pembelajaran Open Ended Berbasis Brain Gym, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4550 |