SIBARANI, BLASIUS ERIK (2021) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 2 BALIGE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
NIM. 7172142011 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
NIM. 7172142011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
NIM. 7172142011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
NIM. 7172142011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
NIM. 7172142011 TABLES.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
NIM. 7172142011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
NIM. 7172142011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
NIM. 7172142011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
NIM. 7172142011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
NIM. 7172142011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
NIM. 7172142011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kebiasaan belajar pada siswa kelas X Jurusan akunatansi SMK Negeri 2 Balige dikarenakan rendahnya perhatian orang tua, minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa yang kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap kebiasaan belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Balige, pengaruh minat belajar terhadap kebiasaan belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Balige dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kebiasaan belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Balige.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Balige. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Balige yang berjumlah 107 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Simpel Random Sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Hasil analisis yang diperoleh rata-rata direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loading lebih tinggi dari 0,6. Data dari perhitungan untuk hipotesis pertama perhatian orang tua berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa diperoleh nilai p-value sebesar 0,002 sedangkan taraf nyata atau α sebesar 0,05. Selanjutnya untuk hipotesis kedua minat belajar berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa diperoleh nilai p-value sebesar 0,007 sedangkan taraf nyata atau α sebesar 0,05. Kemudian untuk hipotesis ketiga motivasi belajar berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa diperoleh nilai p-value sebesar 0,009 sedangkan taraf nyata atau α sebesar 0,05.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa, minat belajar berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa, dan motivasi belajar berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kebiasaan Belajar, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Partial Least Square (PLS), Perhatian Orang Tua |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ755.7 Parents. Parenthood |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 01:55 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45490 |