MANULLANG, SULASTRI (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI KOMUNIKASI DI TEMPAT KERJA DI SMKN 1 PATUMBAK. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1) NIM 7163344037 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2) NIM 7163344037 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
3) NIM 7163344037 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
4) NIM 7163344037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5) NIM 7163344037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
6) NIM 7163344037 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7) NIM 7163344037 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8) NIM 7163344037 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9) NIM 7163344037 BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
13) NIM 7163344037 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14) NIM 7163344037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14) NIM 7163344037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mengimplementasikan model pembelajaran Small Group Discussion pada kompetensi di tempat kerja di SMKN 1 Patumbak. Penelitian ini beralamat di Jl. Pertahanan Ujung, Patumbak Satu, Kec. Patumbak, Kab Deli Serdang. Prov Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMKN 1 Patumbak yang berjumlah 108 orang. Teknik pengambilan sampael yaitu dengan teknikpurposive sampling dimana kelas X AP 1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X AP 3 sebanyak 36 siswa sebagai kelas kontrol. Instumrn yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, hipotesis dan uji hipotesis dan uji t dengan kriteria terima hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre test kelas eksperimen yaitu 70,56 dan post test 85 dengan standar deviasi 21,31 dan 12,87. Sedangkan nilai rata-rata pre test kelas kontrol 67,78 dan post test 71,11 dengan standar deviasi 20,19 dan 18,25. Pengujian uji normalitas, hasil tes awal dan tes akhir berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui thitung sebesar 3,068. Selanjutnya, thitung dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% sebesar 1,669. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui thitung>ttabel yaitu 3,068 > 1,669
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Administrasi Perkantoran yang diajarkan model pembelajaran Small Group Discussion lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Administrasi Perkantoran yang diajarkan dengan model pembelajaran ceramah pada kompetensis komunikasi di tempat kerja (mata pelajaran administrasi umum) di kelas X AP SMKN 1 Patumbak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Small Group Discussion |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 04:19 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45421 |