HARAHAP, EVA DELVIANA SARI (2021) PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM MENGIKUTI ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (HIMASTRA) DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173344016 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 7173344016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
3. NIM 7173344016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4. NIM 7173344016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
5. NIM 7173344016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. NIM 7173344016 TABLES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
7. NIM 7173344016 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 7173344016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM 7173344016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
13. NIM 7173344016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM 7173344016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran (HIMASTRA) dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Progran Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan T.P 2020/2021.
Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan angket atau kuisioner. Uji instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabelitas yang dilakukan dengan menggunkan aplikasi Software SPSS versi 25. Teknik analisis data yang digunakan antara lain : uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis liear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu : uji t dan uji F yang dilakukan menggunakan Software SPSS versi 25.
Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y = 58.684+ 0,168X1 + 0,248 X2 dengan koefisien determinasi sebesar 16.8%. Sedangkan hasil uji t untuk variabel keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi diperoleh nilai thitung>ttabel (2,304>1,674) dengan signifikan 0,025 < 0,05. Hal ini berarti keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Untuk variabel disiplin belajar diperoleh thitung>ttabel (2,473>1,674) dengan signifikan 0,017 < 0,05. Hal ini berarti disiplin belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Dari hasil uji F diperoleh Fhitung>Ftabel sebesar 5,349 > 2,78 dengan signifikan 0,008 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keaktifan mahasiswa dalam mengikuti organisasi (X1) dan disiplin belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat pengaruh positif dan signifikan Keaktifan Mahasiswa Dalam Mengikuti Organisasi Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran (HIMASTRA) dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa baik secara persial dan simultan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keaktifan Mahasiswa Dalam Mengikuti Organisasi, Disiplin Belajar, dan Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 01:44 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 01:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45409 |