Manurung, Ira Kenyosi Br (2020) Pembelajaran Pola Makan Sehat (E-Learning) Berbasis Situs Web Pada Siswa Kelas VII. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6161111031 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2.. NIM. 6161111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
3. NIM. 6161111031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM. 6161111031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. NIM. 6161111031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 6161111031 TABLE OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 6161111031 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 6161111031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 6161111031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13. NIM. 6161111031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 6161111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tahapan pemanfaatan internet dalam pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk mata pembelajaran PJOK, (2) kelayakan/kualitas media web, (3) efektivitas media web dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dengan menggunakan skala Likert kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Media web dikatakan layak apabila rata-rata hasil validasi dari ahli materi Pendidikan Kesehatan, ahli media, dan penilaian guru serta tanggapan peserta didik minimal dalam kategori baik. Evaluasi sumatif dilakukan dengan mengadakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) pada subjek uji coba kelompok kecil (31 siswa kelas VII5) untuk mengetahui efektivitas media web dalam meningkatkan hasil belajar PJOK. Uji coba kelompok besar (91 siswa kelas VII3, VII4, dan VII8. Instrumen pengumpulan data adalah berupa soal tes dan dianalisis dengan statistik deskriptif juga yaitu dengan membandingkan nilai rerata pretest dan posttest serta dilakukan uji-t untuk mengetahui signifikansi perbedaan nilai pretest dan posttest. Media web dikatakan efektif apabila nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pretest dan terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) internet dapat dimanfaatkan dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis web di SMP Negeri 27 Medan melalui tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi, (2) media web yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran PJOK berdasarkan validasi ahli materi Pendidikan Kesehatan, ahli media, dan penilaian peserta didik, kelayakannya termasuk dalam kategori sangat baik, (3) media web yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar PJOK berdasarkan tes hasil belajar pada uji coba kelompok kecil, terjadi peningkatan rerata nilai pretest (69,67) ke posttest (81,93), sehingga peningkatan mencapai 17,59%, serta peningkatan tersebut bisa dikatakan signifikan dengan t empirik 9,169725 yang bisa dikatakan signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-PJKR-042 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis Web; Pola Makan Sehat; Pengembangan Media |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 07:55 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45308 |