Harahap, Iskandar (2014) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK, PERSEPSI GURU TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.
1. 08116132008 Cover.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. 08116132008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
3. 08116132008 Abstrak.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
4. 08116132008 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. 08116132008 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. 08116132008 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7. 08116132008 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
8. 08116132008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. 08116132008 Bab I.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
10. 08116132008 Bab V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
11. 08116132008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kompetensi pedagogik dengan keefektifan pembelajaran; (2) hubungan persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan keefektifan pembelajaran; (3) hubungan iklim sekolah dengan keefektifan pembelajaran; dan (4) hubungan kompetensi pedagogik, persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan iklim sekolah dengan keefektifan pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru SMA Negeri di Kabupaten Aceh Timur dengan jumlah sampel sebanyak 169 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportionate stratified random sampling. Metode penelitian bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada penelitian. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen angket keefektifan pembelajaran yang valid diperoleh 26 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan mempunyai reliabilitas sebesar 0,879. Instrumen angket kompetensi pedagogik yang valid diperoleh 27 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,886. Instrumen angket persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah yang valid diperoleh 28 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,890. Instrumen angket iklim sekolah yang valid diperoleh 27 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,902. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat hubungan yang berarti antara kompetensi pedagogik dengan keefektifan pembelajaran sebesar ry1.23 = 0,567 > r tabel = 0,266 dan t hitung = 9,515 > t tabel = 1,67; (2) terdapat hubungan yang berarti antara persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan keefektifan pembelajaran sebesar ry2.13 = 0,309 > r tabel = 0,266 dan t hitung = 3,261 > t tabel = 1,67; (3) terdapat hubungan yang berarti antara iklim sekolah dengan keefektifan pembelajaran sebesar ry3.12 = 0,432 > r tabel = 0,266 dan t hitung = 5,530 > ttabel = 1,67; dan (4) terdapat hubungan yang berarti antara kompetensi pedagogik, persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan iklim sekolah dengan keefektifan pembelajaran sebesar Ry(123) = 0,602 > r tabel = 0,266 dan F hitung = 10,034 > Ftabel = 2,65.Hasil penelitian diperoleh kompetensi pedagogik, persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan iklim sekolah secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 36,2% terhadap keefektifan pembelajaran, dan sisanya ditentukan keadaan lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.12 Har h |
Keywords: | Kompetensi pedagogik; Gaya kepemimpinan; Kepala sekolah; Iklim sekolah; Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 17:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4527 |