Purba, Abdinisura (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PENDEKATAN DIRECT INSTRUCTION DI SMK PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA SUB RAYON 01 KABUPATEN KARO. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126132043 Cover.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. 8126132043 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (808kB) | Preview
3. 8126132043 Abstrak.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4. 8126132043 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. 8126132043 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
6. 8126132043 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
7. 8126132043 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. 8126132043 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
9. 8126132043 Bab I.pdf - Published Version
Download (741kB) | Preview
10. 8126132043 Bab V.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
11. 8126132043 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan guru menerapkan teori belajar konstruktivisme. Subyek penelitian adalah guru Elektronika SMK Sub Rayon 01 Kabupaten Karo sebanyak enam orang. Metode yang digunakan adalah melalui supervisi akademik pendekatan direct instruction yang dilaksanakan dengan empat tahapan, yaitu: review, presentasi, latihan terbimbing dan latihan mandiri. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah dengan melakukan supervisi akademik pendekatan direct instruction dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan teori belajar konstruktivisme. Penelitian dilaksanakan di SMKN 1 Merdeka selama dua bulan yaitu bulan Januari s.d Februari 2014. Hasil analisis data kemampuan rata-rata guru pada siklus I: hasil tes sebesar 72,04; membuat RPP sebesar 74,89 dan menerapkan pembelajaran konstruktivisme sebesar 70,36. Sedangkan hasil analisis data kemampuan rata-rata guru pada siklus II: hasil tes sebesar 87,78; membuat RPP sebesar 89,11 dan menerapkan pembelajaran konstruktivisme sebesar 86,66. Nilai rata-rata kemampuan guru meningkat dari siklus I sampai siklus II. Hasil analisis angket menunjukkan bahwa guru Elektronika SMK Sub Rayon 01 Kabupaten Karo 33,33% sangat setuju dan 66,67% setuju metode supervisi akademik pendekatan direct instruction dapat membangun pemahaman guru tentang pembelajaran konstruktivisme. Implikasi penelitian menyatakan bahwa supervisi akademik pendekatan direct instruction dapat diterapkan di ruang lingkup yang lebih luas dalam stakeholder pendidikan guna meningkatkan kemampuan guru. Dengan demikian disarankan kepada pengawas sekolah agar melaksanakan supervisi akademik pendekatan direct instruction untuk membina kualitas kinerja guru; kepada kepala sekolah hendaknya melakukan pengawasan pendekatan direct instruction untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas; kepada guru Elektronika bahwa menerapkan strategi belajar konstruktivisme sebagai salah satu alternatif solusi terhadap pembelajaran yang berpusat kepada siswa; dan hasil penelitian ini menjadi sumber/rujukan dalam penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Pur p |
Keywords: | Supervisi akademik; Direct instruction; Kemampuan guru; Konstruktivisme |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 11 May 2016 17:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4525 |