ARIANI, PUPUT (2020) PENGEMBANGAN MEDIA TEMATIK PART (PAPAN RUANG TEMATI) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS III SDN 107399 BANDAR KHALIPAH. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111076_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1161111056_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM. 1161111056_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 1161111056_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. NIM. 1161111056_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM. 1161111056_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1161111056_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
8. NIM. 1161111056_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1161111056_BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
13. NIM. 1161111056_BAB V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 1161111056_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran tematik di Sekolah Dasar serta penggunaan model pembelajaran guru yang kurang aktif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media tematik PART (papan ruang tematik) berbasis contextual teaching and learning pada tema energi dan perubahannya yang layak untuk Kelas III SDN 107399 Bandar Khalipah. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan yang dilakukan dengan enam langkah yang telah dimodifikasi dari Borg and Gall 1989, dengan langkah pengembangan yaitu: penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validitas materi dan media, uji lapangan, dan produk akhir. Media divalidasi pada aspek materi dan media yang telah dikembangkan. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, dengan subjek uji coba dibatasi hanya kepada guru wali kelas III sebagai responden, mengingat menyebarnya wabah Covid-19 di Indonesia termasuk pada lokasi penelitian. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi non
partisipatif dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif.
Hasil validasi ahli materi menunjukkan kelayakan media yang tinggi dengan skor perolehan 4,7 masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor 4,7 masuk kategori “Sangat Baik”. Hasil penilaian guru sebagai responden memperoleh skor 5 masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan perolehan skor tersebut media dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran tematik, khususnya pada tema “Energi dan Perubahannya” subtema 2 “Perubahan Energi” pembelajaran ke 6.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media PART (Papan Ruang Tematik), Model Contextual Teaching and Learning, dan Pembelajaran Tematik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 03:09 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45209 |