Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas XI SMANegeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Manurung, Maria Regatha (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas XI SMANegeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2133111046 COVER.PDF]
Preview
Other
1. NIM 2133111046 COVER.PDF - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2133111046 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2133111046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2133111046 ABSTRACT.PDF]
Preview
Other
3. NIM 2133111046 ABSTRACT.PDF - Published Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2133111046 PREFACE.PDF]
Preview
Other
4. NIM 2133111046 PREFACE.PDF - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2133111046 TABLE OF CONTENT.PDF]
Preview
Other
5. NIM 2133111046 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2133111046 TABLES.PDF]
Preview
Other
6. NIM 2133111046 TABLES.PDF - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2133111046 APPENDICES.PDF]
Preview
Other
7. NIM 2133111046 APPENDICES.PDF - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2133111046 CHAPTER I.PDF]
Preview
Other
8. NIM 2133111046 CHAPTER I.PDF - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2133111046 CHAPTER V.PDF]
Preview
Other
12. NIM 2133111046 CHAPTER V.PDF - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2133111046 BIBLIOGRAPHY.PDF]
Preview
Other
13. NIM 2133111046 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran round table dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran round table terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain one-group pretest and postest. Dari 120 orang populasi siswa kelas XI yang berasal dari 4 kelas, peneliti menentukan jumlah sampel sebanyak 30 orang siswa yang diambil dengan teknik non-random. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian menulis teks prosedur yang diberikan saat sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil uji pretes ditemukan bahwa rata-rata skor kemampuan menulis siswa diperoleh nilai tertinggi = 60, nilai terendah = 37, dengan nilai rata-rata (M) =50,16, kemudian jumlah Standart Deviasi (SD) = 4,4.yang mengindikasikan bahwa skor yang diperoleh siswa sangat beragam dan rata-rata dalam kategori rendah. Hasil postes pada siswa kelompok eksperimen diperoleh nilai tertinggi = 95, nilai terendah = 83, rata-rata (M) = 90,7, Dan Standart Deviasi (SD) = 2,63, sehinga dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan siswa. Pada uji normalitas dan homogenitas, penulis menyimpulkan bahwa data terdistribusi normal dan dari varian yang homogen hal itu dapat dilihat dari hasil uji normalitas yaitu nilai p lebih besar dari 0,05 (0,200> 0,05) dan pada uji homogenitas yang diuji dengan Levene test diperoleh hasil nilai sig. p = 0.040, dimana nilai tersebut lebih besar dari 0.05 atau 0,040 > 0,05. Pada pengujian hipotesis, penulis menggunakan uji t – berpasangan. Berdasarkan hasil uji t untuk α = 0,05 dan df = 30 -1 = 29 diperoleh ttabel = 2,756 dan thitung = 45,310. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel = 45,310>2,756 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka penulis menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Round Table terhadap kemampuan menulis Teks Prosedur Kompleks siswa kelas XI SMA Negeri 20 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Teks Prosedur Kompleks; Model Pembelajaran Kooperatif; Round Table
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 08 Feb 2022 09:56
Last Modified: 08 Feb 2022 09:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45185

Actions (login required)

View Item
View Item