Manurung, Maria Regatha (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas XI SMANegeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2133111046 COVER.PDF - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 2133111046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
3. NIM 2133111046 ABSTRACT.PDF - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM 2133111046 PREFACE.PDF - Published Version
Download (156kB) | Preview
5. NIM 2133111046 TABLE OF CONTENT.PDF - Published Version
Download (104kB) | Preview
6. NIM 2133111046 TABLES.PDF - Published Version
Download (62kB) | Preview
7. NIM 2133111046 APPENDICES.PDF - Published Version
Download (106kB) | Preview
8. NIM 2133111046 CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (334kB) | Preview
12. NIM 2133111046 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (130kB) | Preview
13. NIM 2133111046 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur sebelum dan sesudah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran round table dan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran round table terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain one-group pretest and postest. Dari 120 orang populasi siswa kelas XI yang berasal dari 4 kelas, peneliti menentukan jumlah sampel sebanyak 30 orang siswa yang diambil dengan teknik non-random. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian menulis teks prosedur yang diberikan saat sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Hasil uji pretes ditemukan bahwa rata-rata skor kemampuan menulis siswa diperoleh nilai tertinggi = 60, nilai terendah = 37, dengan nilai rata-rata (M) =50,16, kemudian jumlah Standart Deviasi (SD) = 4,4.yang mengindikasikan bahwa skor yang diperoleh siswa sangat beragam dan rata-rata dalam kategori rendah. Hasil postes pada siswa kelompok eksperimen diperoleh nilai tertinggi = 95, nilai terendah = 83, rata-rata (M) = 90,7, Dan Standart Deviasi (SD) = 2,63, sehinga dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan siswa. Pada uji normalitas dan homogenitas, penulis menyimpulkan bahwa data terdistribusi normal dan dari varian yang homogen hal itu dapat dilihat dari hasil uji normalitas yaitu nilai p lebih besar dari 0,05 (0,200> 0,05) dan pada uji homogenitas yang diuji dengan Levene test diperoleh hasil nilai sig. p = 0.040, dimana nilai tersebut lebih besar dari 0.05 atau 0,040 > 0,05. Pada pengujian hipotesis, penulis menggunakan uji t – berpasangan. Berdasarkan hasil uji t untuk α = 0,05 dan df = 30 -1 = 29 diperoleh ttabel = 2,756 dan thitung = 45,310. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel = 45,310>2,756 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka penulis menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Round Table terhadap kemampuan menulis Teks Prosedur Kompleks siswa kelas XI SMA Negeri 20 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teks Prosedur Kompleks; Model Pembelajaran Kooperatif; Round Table |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Feb 2022 09:56 |
Last Modified: | 08 Feb 2022 09:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45185 |