PRATIWI, HERVITA PUJI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEBATE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI 011866 BATANG KUIS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1162311009_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1162311009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
3. NIM. 1162311009_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
4. NIM. 1162311009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
5. NIM. 1162311009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 1162311009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1162311009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1162371009_BAB I.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
12. NIM. 11623711009_BAB V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
13. NIM. 11623711009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model Debate terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran tematik di SD Negeri 101866 Batang Kuis. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan, 2020. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN 101866 Batang Kuis yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes pilihan berganda sebanyak 30 butir soal, dimana sebelumnya sudah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas, realibilitas.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 101866 Batang Kuis sebanyak 2 kelas yang berjumlah 65 siswa dengan sampel yang diteliti satu kelas dengan jumlah siswa 35 siswa kelas V-A. Prosedur penelitian ini dilaksanakan melalui persiapan penelitian, menyusun RPP, melaksanakan pretes, melaksanakan perlakuan dengan menggunakan model Debat kemudian melaksanakan postes.
Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitianya itu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Dari analisis data diperoleh rata-rata pretes (44,83) sedangkan postes (66,14). Pada taraf signifikansi (∝=0,05) maka diperoleh hasil normalitas pretes itu L0 < Lt (0,11730607 < 0,151) sehingga dapat disimpulkan data tersebut berdistribusi NORMAL, demikian juga hasil yang diperoleh dalam postes yaitu L0 < Lt (0,115023422 < 0,151) sehingga dapat disimpulkan data tersebut berdistribusi NORMAL. Hasil uji homogen diperoleh F_hitung < F_tabel = 0,77 < 1,77 maka varian bersifat Homogen. Dilakukan uji t pada tarafnyata. ((∝=0,05) t_hitung > t_tabel = 11,278 > 2,032, sehingga dapat dibuktikan bahwa “Adanya pengaruh model Debate terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran tematik di SD Negeri 101866 BatangKuis”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Debate, kemampuan berpikir kritis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 04:40 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45113 |