Marisa, - (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Animaker Pada Pembelajaran Tema 3 Sub Tema 1 Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan di Kelas 5 SD Negeri 10 Rantauprapat. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311078 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 1173311078 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
3. NIM. 1173311078 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4. NIM. 1173311078 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
5. NIM 1173311078 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
6. NIM. 1173311078 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM. 1173311078 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM 1173311078 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM. 1173311078 BAB I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13. NIM 1173311078 BAB V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14. NIM 1173311078 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan didasari oleh permasalahan yang ditemukan di Sd Negeri 10 Rantauprapat. Berdasarkan hasil observasi, permasalahan yang ditemukan adalah pada saat proses belajar mengajar berlangsung guru jarang menggunakan media pembelajaran video animasi. Adapun media yang digunakan yaitu media gambar yang dapat dibuat dengan menempelkan gambar di kertas karton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, keperaktisan dan keefektifan media video animasi berbasis animaker pada Tema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan di kelas 5 SD Negeri 10. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implimation and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan media video animasi berbasis animaker pada Tema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan dengan tingkat persentase kelayakan yang diberikan oleh ahli media sebesar 83% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli materi yang awalnya 64% menjadi 90% dengan kategori “Sangat Layak” dan kepraktisan sebesar 96%. Respon siswa terhadap media ini dilihat rata-rata skor hasil efektifitas yaitu 93% siswa menyatakan bahwa media ini efektif. Pada uji coba memperoleh rata-rata 62 pada saat pretes dan mengalami peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media dengan rata-rata 89 pada saat post test, hasil belajar mengalami kenaikan sebesar 27%. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media video animasi berbasis animakerdi kelas 5 SDN 10 Rantauprapat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-200 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Video Pembelajaran; Animasi; Animaker |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 02:09 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 02:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45087 |