Aisyah, Siti (2021) Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 010097 Selawan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173111090_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1173111090_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
3. NIM. 1173111090_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4. NIM. 1173111090_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 1173111090_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6. NIM. 1173111090_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 1173111090_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 1173111090_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 1173111090_BAB I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
13. NIM. 1173111090_BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
14. NIM. 1173111090_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan Hubungan antara Kecerdasan Emosional dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 010097 Selawan, Kelurahan Selawan, Kecamatan Kisaran Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 010097 Selawan yang berjumlah 39 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 orang dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan utnuk variabel Kecerdasan Emosioanl adalah angket tertutup dengan skala likert dan untuk variabel Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika (Y) adalah menggunakan dokumentasi hasil ujian harian 1,2,dan 3. Teknik analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif yakni menggunakan tabel distribusi frekuensi untuk memperoleh nilai rata-rata dan analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa Kecerdasan Emosional termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 74,97. Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika SD Negeri 0100 Selawan 97 dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 70,00. Dilihat dari uji kecenderungan kedua variabel, ditemukan bahwa Kecerdasan Emosional Siswa kelas V di SDN 010097 yaitu berada di kategori cukup dengan persentase 48,71% dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Siswa kelas V di SDN 010097 Selawan berada di kategori sedang dengan persentase 69,23%. Berdasarkan hasil korelasi terhadap hubungan antara variabel Kecerdasan Emosional (X) terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,7750 dengan tingkat hubungan yang cukup sedangkan dari daftar r diperoleh rtabel sebesar 0,3160 pada α 0,05 maka rhitung > rtabel (0,7750 > 0,3160). Melihat dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kedua variabel mempunyai hubungan yang positif. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 7,4662 sedangkan ttabel yang diperoleh dari daftar ttabel terhadap α 0,05 sebesar 1,6848 artinya thitung > ttabel (7,4951 > 1,6848. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi: ”terdapat hubungan yang signifikan antara Kecerdasan Emosional (X) dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika (Y) siswa kelas V SD Negeri 010097 Selawan T.A. 2020/2021 dapat diterima”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-254 |
Keywords: | Prestasi Belajar; Kecerdasan Emosional; Mata Pelajaran Matematika di SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 02:01 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45085 |