Tanjung, Mutiah Khorunnisah (2021) Persepsi Guru Kelas I Tentang Metode Membaca Permulaan Terhadap Kesulitan Membaca Siswa SD Se-Kecamatan Panyabungan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1773311088_COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. NIM.1173311088_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
3. NIM.1173311088_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM.1173311088_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
5. NIM.1173311088_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
6. NIM.1173311088_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7. NIM.1173311088_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
8. NIM.1173311088_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. NIM.1173311088_BAB I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
13. NIM. 1173311088_BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
14. NIM 1173311088_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah kesulitan belajar membaca pada siswa kelas I. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru kelas I tentang metode membaca permulaan terhadap kesulitan membaca siswa SD Se- Kecamatan Panyabungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah memalui penyebaran angket atau kuesioner tertutup. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru kelas I SD Se-Kecamatan Panyabungan yang berjumlah 30 Guru. Analisis terhadap angket atau kuesioner dilakukan dengan sistem skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru mengenai metode membaca permulaan terhadap kesulitan membaca siswa SD Se-Kecamatan Panyabungan dikategorikan baik dengan rata-rata skor 4,3. Apabila dipersentasekan maka diperoleh 41,89% memilih jawaban sangat setuju, 54,89% memilih jawaban setuju, 2,56% memilih jawaban kurang setuju, 0,22% memilih tidak setuju, 0,11% memilih tidak sangat setuju. Jika dilihat dari setiap indikator, maka pada indikator kognitif sebanyak 41,33% memilih jawaban sangat setuju 55,33% memilih jawaban setuju, 1,67% memilih jawaban kurang setuju, dan tidak setuju 0,33%, dan tidak setuju 0,33% Pada indikator afektif sebanyak 42% memilih jawaban sangat setuju,54,33%, 3,33 % kurang setuju,0,33 tidak setuju. Pada indikator konatif diperoleh 42,35% memilih jawaban sangat setuju,55% memilih jawaban setuju,2,67%. Hal ini menunjukkan bahwa guru sekolah dasar SD Sekecamatan Panyabungan memiliki persepsi baik tentang metode membaca permulaan terhadap kesulitan membaca siswa kelas I.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-233 |
Keywords: | Persepsi; Peran Guru; Metode Membaca Permulaan; Kesulitan Membaca Permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 03:00 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45042 |