Persepsi Guru Kelas I Tentang Metode Membaca Permulaan Terhadap Kesulitan Membaca Siswa SD Se-Kecamatan Panyabungan T.A 2020/2021

Tanjung, Mutiah Khorunnisah (2021) Persepsi Guru Kelas I Tentang Metode Membaca Permulaan Terhadap Kesulitan Membaca Siswa SD Se-Kecamatan Panyabungan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1773311088_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1773311088_COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM.1173311088_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM.1173311088_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.1173311088_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM.1173311088_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.1173311088_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM.1173311088_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.1173311088_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM.1173311088_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.1173311088_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM.1173311088_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.1173311088_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM.1173311088_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.1173311088_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM.1173311088_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.1173311088_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.1173311088_BAB I.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM.1173311088_BAB II.pdf] Text
10. NIM.1173311088_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[thumbnail of 11. NIM. 1173311088_BAB III.pdf] Text
11. NIM. 1173311088_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[thumbnail of 12. NIM.1173311088_BAB IV.pdf] Text
12. NIM.1173311088_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM. 1173311088_BAB V.pdf] Text
13. NIM. 1173311088_BAB V.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 14. NIM 1173311088_ DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM 1173311088_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 15. NIM.1173311088_ LAMPIRAN.pdf] Text
15. NIM.1173311088_ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah kesulitan belajar membaca pada siswa kelas I. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru kelas I tentang metode membaca permulaan terhadap kesulitan membaca siswa SD Se- Kecamatan Panyabungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah memalui penyebaran angket atau kuesioner tertutup. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru kelas I SD Se-Kecamatan Panyabungan yang berjumlah 30 Guru. Analisis terhadap angket atau kuesioner dilakukan dengan sistem skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru mengenai metode membaca permulaan terhadap kesulitan membaca siswa SD Se-Kecamatan Panyabungan dikategorikan baik dengan rata-rata skor 4,3. Apabila dipersentasekan maka diperoleh 41,89% memilih jawaban sangat setuju, 54,89% memilih jawaban setuju, 2,56% memilih jawaban kurang setuju, 0,22% memilih tidak setuju, 0,11% memilih tidak sangat setuju. Jika dilihat dari setiap indikator, maka pada indikator kognitif sebanyak 41,33% memilih jawaban sangat setuju 55,33% memilih jawaban setuju, 1,67% memilih jawaban kurang setuju, dan tidak setuju 0,33%, dan tidak setuju 0,33% Pada indikator afektif sebanyak 42% memilih jawaban sangat setuju,54,33%, 3,33 % kurang setuju,0,33 tidak setuju. Pada indikator konatif diperoleh 42,35% memilih jawaban sangat setuju,55% memilih jawaban setuju,2,67%. Hal ini menunjukkan bahwa guru sekolah dasar SD Sekecamatan Panyabungan memiliki persepsi baik tentang metode membaca permulaan terhadap kesulitan membaca siswa kelas I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2021-PGSD-233
Keywords: Persepsi; Peran Guru; Metode Membaca Permulaan; Kesulitan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:00
Last Modified: 04 Nov 2025 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45042

Actions (login required)

View Item
View Item