SARI, CINDY NOVIA (2020) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF SECRET BOARD BERBASIS MODEL TWO STAY TWO STRAY PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV MIN 3 KOTA MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163111013_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1163111013_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
3. NIM. 1163111013_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 1163111013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM. 1163111013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 1163111013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1163111013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 1163111013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1163111013_BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
13. NIM. 1163111013_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 1163111013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa alat permainan edukatif Secret Board berbasis model two stay two stray pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 di kelas IV-C MIN 3 Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model
pengembangan Dick and Carry yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Langkah-langkah model ADDIE tersebut dimodifikasi sesuai dengan keadaan dan kebutuhan penelitian yaitu dengan keadaan COVID-19 yang tidak memungkinkan kegiatan pembelajaran tatap muka skala besar dan mempertimbangkan bahwa jika sampai langkah development sudah dapat menjawab rumusan masalah mengenai kelayakan produk media yang dikembangkan, sehingga menjadi (Analysis, Design dan Development). Untuk mendapatkan kelayakan dilakukan melalui penilaian dari 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media dan uji coba per orangan dengan jumlah subjek sebanyak 3 orang & uji kelompok kecil sebanyak 8 orang siswa kelas IV-C MIN 3 Kota
Medan.
Data yang didapat dari ahli media dan materi dianalisis dengan persentase skor, sedangkan data yang didapat dari uji coba produk dianalisis dengan skor rata-rata. Penilaian ahli materi, ahli media dan uji coba produk mendapat kategori "Sangat layak digunakan" bermakna bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran. Perincian skor hasil dari penilaian ahli materi yaitu 94,4% dengan kategori materi "sangat baik digunakan sebagai materi pembelajaran". Skor penilaian dari ahli media yaitu 85,2% dengan kategori media "sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran". Hasil uji coba per orangan dan uji
kelompok kecil mendapatkan skor tertinggi yaitu 1 dengan kategori “Baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | media pembelajaran, alat permainan edukatif, Secret Board |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 01:04 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 01:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45038 |