Ananda, Dhea Dwi (2020) Ensiklopedia Digital Tari Tiga Serangkai Melayu Sebagai Sumber Belajar Bagi Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas di Kota Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2151141005 COVER.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
2. NIM. 2151141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
3. NIM. 2151141005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
4. NIM. 2151141005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
5. NIM. 2151141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
6. NIM. 2151141005 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
7. NIM. 2151141005 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
8. NIM. 2151141005 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
13. NIM. 2151141005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
9. NIM. 2151141005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (736kB) | Preview
14. NIM. 2151141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah Pengemasan Ensiklopedia Digital Tari Tiga Serangkai Melayu sebagai sumber belajar bagi siswa kelas X Sekolah Menengah Atas di Kota Medan. Teori yang digunakan untuk membahas penelitian ini yaitu menggunakan teori dari Wijayanti (2012) yang mengungkapkan bahwa kemasan atau pengemasan adalah upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan informasi kepada setiap konsumennya tentang produk yang ada di dalamnya. Penelitian ini membuat produk dengan menggunakan langkah-langkah pengemasan yang akan dibuat sesuai pengembangan Dick dan Carey (2009) diantaranya: 1) Analisis kebutuhan dan tujuan (Identity instructional goal), 2) Melakukan analisis instruksional (Conduct instructional analysis), 3) Mengembangkan instrumen (Develop assesment instruments), 4) Mengembangkan dan memilih material instruksional (Develop and select instructional materials), 5) Mengembangkan strategi instruksional (Develop Instructional Strategy), 6) Merancang dan melakukan evaluasi formatif (Design and conduct formative evaluation of instruction), dan 7) Melakukan revisi instruksional (Revise instruction). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Populasinya adalah mahasiswa program studi pendidikan tari Universitas Negeri Medan sedangkan sampel penelitiannya adalah dua orang mahasiswa Pendidikan Tari stambuk 2015. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, studi kepustakaan, instrumen penelitian yang menggunakan lembar instrumen penilaian validasi ahli media dan lembar instrumen penilaian validasi ahli materi dan teknik analisis data. Data-data ini kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan produk materi pembelajaran untuk penyampaian KD 3 tentang gambaran masyarakat Melayu, karakteristik gerak, teknik gerak, prosedur gerak tari tiga serangkai Melayu yang dapat dilihat melalui ensiklopedia digital yang sudah dikemas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Ensiklopedia Digital; Tari Tiga Serangkai Melayu; Pusat Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2022 05:44 |
Last Modified: | 27 May 2024 08:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45031 |