ISMAIL, PUTRI ROKA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PAPAN SUSUN KATA ANAK HEBAT (PASUKAN HEBAT)” PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN TEMA 6 SUBTEMA 3 BERBASIS SCRAMBLE DI KELAS I SDN 104607 SEI ROTAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111077_COVER.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
2. NIM. 1161111077_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3. NIM. 1161111077_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 1161111077_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
5. NIM. 1161111077_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 1161111077_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1161111077_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1161111077_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1161111077_BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
13. NIM. 1161111077_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
14. NIM. 1161111077_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pengenalan huruf pada pembelajaran membaca permulaan di Sekolah Dasar serta penggunaan model pembelajaran guru wali kelas yang kurang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media papan susun kata anak hebat (Pasukan Hebat) pada pembelajaran membaca permulaan
dan menguji kelayakan media papan susun kata anak hebat (Pasukan Hebat) berbasis Sramble pada tema lingkungan bersih, sehat dan asri subtema lingkungan rumahku yang layak untuk kelas I SDN 104607 Sei Rotan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and
Development) dengan 4 tahap penelitian model 4-D Thiagarajan yaitu define, design, development, disseminate. Media di validasi pada aspek materi dan media, dengan subjek uji coba dibatasi hanya kepada guru wali kelas I sebagai responden,
mengingat menyebarnya wabah Covid-19 di Indonesia termasuk pada lokasi penelitian. Pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil validasi ahli materi menujukkan bahwa media pembelajaran layak dengan skor perolehan 80. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor 86,6 masuk kategori layak. Hasil penilaian guru sebagai responden memperoleh skor 95,5 masuk dalam kategori “Sangat Layak”. Jika dirata-ratakan hasilnya 87,30
dengan kategori Layak. Berdasarkan perolehan skor tersebut media dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan pada tema “lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri” Subtema 3 “Lingkungan Sekitar Rumah ku”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Papan Susun Kata Anak Hebat (PASUKAN HEBAT), Model Scramble, Kelayakan, dan Kartu Huruf. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 01:55 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44908 |