UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENJELASKAN DAN BERTANYA GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS PENDEKATAN NON DIREKTIF DI SMA NEGERI 7 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH

Wandri, Irvan (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENJELASKAN DAN BERTANYA GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS PENDEKATAN NON DIREKTIF DI SMA NEGERI 7 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126132054 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126132054 Cover.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126132054 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126132054 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126132054 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126132054 Abstrak.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126132054 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126132054 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126132054 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126132054 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126132054 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126132054 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126132054 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126132054 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126132054 Bab I.pdf]
Preview
Text
8. 8126132054 Bab I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126132054 Bab V.pdf]
Preview
Text
9. 8126132054 Bab V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126132054 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
10. 8126132054 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh diadakanya supervisi klinis dengan pendekatan non direktif terhadap peningkatan keterampilan menjelaskan dan keterampilan bertanya Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah Keterampilan menjelaskan dan keterampilan bertanya meningkat melalui supervisi klinis pendekatan non direktif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Takengon Kabupaten Aceh Tengah Provensi Aceh + 2 bulan mulai dari tanggal 13Januari s/d 28 Febuari 2014. Subjek penelitian ini adalah guru ekonomi SMA Negeri 7 Takengon Kabupaten Aceh Tengah sebanyak 3 (tiga) orang guru. Objek penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menjelaskan dan keterampilan bertanya guru dengan cara supervisi klinis dengan menggunakan pendekatan nondirektif. Penelitian tingakan ini menggunakan model penelitian Tindakan Sekolah, mengacu pada model penelitian Kemmis yang dirancang dengan proses siklus yang terdiri dari 4 (empat) fase kegiatan yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan mereflesi (reflectif). Tahap-tahap ini terus berulang dilakukan perindividu sampai permasalahan-permasalahan guru dalam menerapkan ke 2 (dua) keterampilan dasar mengajar guru tersebut dapat teratasi. Hasil analisis data guru dalam menerapkan keterampilan menjelaskan memperoleh nilai sebagai berikut: Pada saat siklus I (satu) adalah 73,2%, sedangkan pada siklus II adalah 87,8%. Dan keterampilan bertanya sebesar 73,3% pada siklus I sedangkan pada siklus II 91. Dari uraian tersebut dapat dilihat bahwa telah terjadi peningkatan nilai keterampilan menjelaskan dan keterampilan bertanya guru yaitu dari siklus I ke siklus II. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilanmenjelaskan dan keterampilan bertanya guru di SMA Negeri 7 Takengon mengalami peningkatan dengan adanya kegiatan supervisi klinis dengan pendekatan non drektif, sehingga diharapkan kepada semua pengawas sekolah dapat menerapkan dan mengemkembangkan kembali kegiatan supervisi klinis ini menjadi lebih baik lagi, dengan harapan kualitas pembelajaran guru akan lebih menyenangkan bagi siswa yang diajarnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 658.302 Wan u
Keywords: Keterampilan mengajar; Keterampilan menjelaskan; Keterampilan bertanya; Pendekatan nondirektif; Supervisi klinis; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 28 Apr 2016 23:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4481

Actions (login required)

View Item
View Item