MARANI, ROMELDO MARKOPOLO (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN PADA KELOMPOK BELAJAR IKATAN MAHASISWA PAPUA DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1164471001_COVER.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
2. NIM. 1164471001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
3. NIM. 1164471001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4. NIM. 1164471001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (743kB) | Preview
5. NIM. 1164471001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
6. NIM. 1164471001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7. NIM. 1164471001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 1164471001_DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
9. NIM. 1164471001_BAB I.pdf - Published Version
Download (869kB) | Preview
13. NIM. 1164471001_BAB V.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
14. NIM. 1164471001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yakni anggota ikatan mahasiswa Papua di Kota Medan dengan latar belakang, budaya, bahasa yang berbedah dan ilmu pengetahuan yang kurang membuat Mahasiswa Papua yang berada di organisasi ini membentuk sebuah wadah berupa kelompok belajar yang diharapkan bisa membantu persoalan yang dialami setiap anggota kelompok,dalam pelaksanaannya apa strategi yang digunakan oleh pembina dalam melakukan bimbingan kepada warga belajar untuk membantu mengatasi persoalan yang dialami anggota kelompok belajar.
Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif, dengan subjek penelitian berjumlah 4 orang yakni 2 orang Tutor, 1 Ketua Organisasi,dan 1 Kordinator bidang Pendidikan. Pengumpulan data peelitian dilakukan dengan teknik obervasi dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan cara bersamaan dengan proses
pengaatan yang tidak terlepas satu sama lain dalam membangun keabsahan penelitian. Untuk membangun keabsahan penelitian dilakukan dengan cara: 1) Kredibiltas, 2) Transferability, 3)Dependability, 4) Confirmability.
Strategi Pembelajaran yang dilakukan oleh pembina kelompok belajar meliputi komponen dalam strategi pembelajaran yaitu (1) kegiatan pembelajaran pendahuluan, (2) penyampaian informasi,(3) partisipasi peserta didik,(4) tes ,dan (5) kegiatan lanjutan, sesuai dengan bagian-bagian tersendiri dari 5 fokus
peneliitian. Dari pelaksanaan strategi pembelajaran diharakan mahasiswa Papua mampu menggali potensi diri dan mengatasi persoalan yang dialami.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran,Kelompok Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 02:14 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44792 |