Syahrini (2021) PENGEMBANGAN KIT PEMBELAJARAN DARI LIMBAH SABUT KELAPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BENTUK MOLEKUL SISWA SMA KELAS X IPA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173331008 COVER.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
2. NIM. 4173331008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4173331008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
4. NIM. 4173331008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (836kB) | Preview
5. NIM. 4173331008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (908kB) | Preview
6. NIM. 4173331008 TABLES.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
7. NIM. 4173331008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
8. NIM. 4173331008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (856kB) | Preview
9. NIM. 4173331008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4173331008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
14. NIM. 4173331008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian dan pengembangan (Research and development) bersifat deskriptif dengan Langkah-langkah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan KIT pembelajaran pada materi Bentuk Molekul untuk siswa kelas X SMA IPA sesuai standar BSNP. Ada dua kelas yang dilibatkan dalam penelitian ini, pertama adalah X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan KIT pembelajaran dan kedua adalah X MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan media Power Point. Validator terdiri dari Dosen kimia Unimed dan guru mata pelajaran dari MAS Al-Ikhlas Bah Jambi. Nilai validasi media berupa kelayakan isi 3,5, bahasa 3,6, penyajian 3,6, kegrafisan 4, tampilan visual 3,75 dan rekayasa media KIT 4 artinya hasil pengembangan sangat sangat layak berdasarkan kriteria standar BSNP. Rerata persentase peningkatan hasil belajar siswa eksperimen 72% lebih tinggi daripada siswa kontrol yaitu 67%. Uji Validitas pada taraf α = 0,05 diperoleh rhitung> rtabel (0,60> 0,361). Hal tersebut menunjukkan bahwa instrumen tes valid untuk digunakan. Pengujian hipotesis dengan uji t pihak kanan pada taraf α = 0,05 diperoleh thitung> ttabel (3,125> 1,67). Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran KIT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia di SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | KIT pembelajaran, Sabut Kelapa, Standar BSNP, Hasil Belajar, Bentuk Molekul, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 04:22 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44723 |