Pasaribu, Asymah Evayanti (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMA SWASTA TELADAN MEDAN T.P. 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126122006 Cover.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. 8126122006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (711kB) | Preview
3. 8126122006 Abstrak.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
4. 8126122006 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (802kB) | Preview
5. 8126122006 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
6. 8126122006 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
7. 8126122006 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
8. 8126122006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
9. 8126122006 Bab I.pdf - Published Version
Download (943kB) | Preview
10. 8126122006 Bab V.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
11. 8126122006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa yang diajarkan dengan strategi Quantum Teaching dengan kemampuan membaca pemahaman siswa strategi pembelajaran Ekspositori (2) perbedaan kemampuan pemahaman antara kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir tinggi dan kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir rendah. (3) intraksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa kelas XI SMA Swasta Teladan Medan. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Swasta Teladan Medan semester genap tahun ajaran 2013/2014 terhadap kemampuan pemahaman siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan Cluster Random Sampling berdasarkan kemampuan berpikir kreatif siswa, sehingga sampel penelitian ini pada kelompok pembelajaran masing-masing terdiri dari 40 orang untuk eksperimen dan 40 orang untuk kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan Uji F, pengujian lanjut menggunakan Uji Tuckey.Temuan penelitian menunjukkan (1) kemampuan membaca pemahaman siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran Quantum Teaching dibandingkan dengan siswa yang mengikuti strategi pembelajaran pada taraf signifikasi α = 0,05 dengan Fh sebesar 32,78 dan Ftabel = 3,96 untuk taraf signifikansi 5 % Fhitung> Ftabel = 32,78 > 3.96. Dengan Uji lanjut Tuckey diperoleh Fh sebesar 8,44 dan Ftabel = 3.79 untuk taraf signifikansi 5 % Fhitung> Ftabel = 8,44 > 3.96. Maka secara keseluruhan siswa SMA Swasta Teladan Medan yang mengikuti strategi pembelajaran quantum teaching memperoleh kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Perhitungan analisis varians tentang perbedaan kemampuan pemahaman antara kelompok siswa yang memiliki kemampuan pemahaman membaca tinggi dengan kemampuan pemahaman antara kelompok membaca rendah pada taraf signifikasi 5 % Fhitung> Ftabel = 414,27> 3.96 untuk taraf signifikansi 5 % Fhitung> Ftabel = 21,36 > 3.96.Dengan demikian temuan penelitian menyimpulkan, bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan kemampuan membaca pemahaman siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, telah teruji kebenarannya sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. (4)hasil perhitungan rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa untuk strategi pembelajaran X S_qt B_T = 36,10 dan S_qt B_t = 28,25 sedangkan X S_ep B_r = 31,40 dan X S_ep B_r = 30,25. Hasil perhitungan Anava Factorial 2x2 hasil perhitungan F_h = 5272,18 dan harga table F_t= 3,96 pada taraf signifikan 0,05% dengan dk = 1,76 adalah 〖Ft〗_((0,05)(1,76)) = 3,96 sehingga di dapat F_h = 5272,18 > F_t = 3,18, maka hipotesis yang dirumuskan terdapat strategi pembelajaran.Dengan demikian temuan penelitian menyimpulkan, bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi hasil belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan numerik rendah, yang diberikan strategi pembelajaran eksperimen laboratorium lebih tinggi dengan siswa yang diberikan strategi pembelajaran simulasi komputer berbasis laboratorium, telah teruji kebenarannya sehingga hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, Dengan demikian semakin baik strategi pembelajaran yang digunakan dalam menyampaikan materi ajar fisika, maka semakin tinggi hasil belajar fisika siswa, atau semakin tinggi kemampuan numerik siswa dengan strategi pembelajaran, maka semakin tinggi pencapaian kompetensi yang diperoleh siswa, interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan numerik akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Akan tetapi pengaruh strategi pembelajaran lebih banyak memberikan pengaruh terhadap hasi belajar fisika dibandingkan dengan kemampuan numerik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.238 Pas p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Membaca pemahaman; Berpikir kreatif; Quantum teaching; Pembelajaran ekspositori |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 28 Apr 2016 17:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4463 |