Batubara, Khoirunnisa (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS XI SEMESTER II SMA HARAPAN MEKAR MEDAN T.P.2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163321013 COVER.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
2. NIM. 4163321013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4163321013 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
4. NIM. 4163321013 PREPACE.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
5. NIM. 4163321013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (899kB) | Preview
6. NIM. 4163321013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
7. NIM. 4163321013 TABLES.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
8. NIM. 4163321013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
9. NIM. 4163321013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 4163321013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
14. NIM. 4163321013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (627kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi pokok momentum dan impuls Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain Pretest Postest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA dan IPA 2 Harapan Mekar Medan T. A 2020/2021. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu test objektif yaitu soal kognitif berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Sebelum pembelajaran dilakukan pretes yang tujuannya melihat kesamaan kemampuan awal siswa dalam keterampilan proses sains. Nilai rata-rata pretes hasil belajar kelas eksperimen adalah 41,00 dan kelas kontrol adalah 47,75. Hasil pretest dilakukan uji homogenitas dengan syarat normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji homogenitas kemampuan awal pada kedua kelas adalah sama dalam hal keterampilan proses sains. Setelah pretest maka dilakukan perlakuan pada kedua kelas. Setelah diberikan perlakuan pada kedua kelas, diperoleh nilai rata-rata posttest keterampilan proses sains kelas eksperimen adalah 84,50 dan kelas kontrol 77,50. Hasil posttest dilakukan uji N-Gain terdapat perbedaan yang signifikan, yang berarti ada perbedaan peningkatan hasil belajar dari model pembelajaran Inkuiri Terbimbing secara signifikan pada materi pokok Momentum dan Inpuls kelas XI SMA Harapan Mekar Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Quasi Experimen, Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing & hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 06:59 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44601 |