SIANIPAR, EVANS LIBRA (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN MENGELOLA STRES DALAM LAYANAN KONSELING PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163151016 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 1163151016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
3. NIM. 1163151016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
4. NIM. 1163151016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
5. NIM. 1163151016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
6. NIM. 1163151016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7. NIM. 1163151016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
8. NIM. 1163151016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM. 1163151016 BAB I.pdf - Published Version
Download (646kB) | Preview
13. NIM. 1163151016 BAB V.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
14. NIM. 1163151016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar keterampilan mengelola stres yang efektif dalam pelaksanaan layanan konseling pada siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 17 Medan tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 29 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini angket, wawancara, observasi dan latihan keterampilan mengelola stres.
Berdasarkan validasi oleh ahli materi dan ahli media terhadap bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan kevalidan dengan persentasi rata-rata 81,78% kategori “Valid”, dimana persentase rata-rata oleh ahli media 90,78 % dengan kategori “Valid”, dan persentase rata-rata ahli materi sebesar 75% kategori “Valid”. Dalam keefektifan bahan ajar didapat dari hasil nilai latihan siswa 27 orang yang lulus dengan rata-rata persentase 93,10% dan telah mencapai klasifikasi sangat baik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar keterampilan mengelola stres ini efektif untuk digunakan dalam layanan konseling pada siswa kelas X di SMA Negeri 17 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan Ajar, Keterampilan Mengelola Stres, Layanan Konseling, ADDIE |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:41 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44566 |