Sembiring, Fivi Sumantri Br. (2021) Pengaruh Pembelajaran Ppkn Berbasis Aktivitas Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Makna Dan Prinsip Demokrasi Di Smpn 3 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3173311021 COVER.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
2. NIM 3173311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (819kB) | Preview
3. NIM 3173311021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM 3173311021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM 3173311021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
6. NIM 3173311021 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7. NIM 3173311021 LIST OF SCEMAS.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. NIM 3173311021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
9. NIM 3173311021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM 3173311021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
14. NIM 3173311021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas bagaimana pengaruh pembelajaran PPKn berbasis aktivitas belajar siswa untuk meningkatkan kompetensi dasar mendeskripsikan makna dan prinsip demokrasi di SMPN 03 Percut Sei Tuan tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskrisptif kuantitatif. Penelitian kuantitatif memilki dua variabel yaitu x (pembelajaran PPKn berbasis aktivitas belajar siswa) dan y (kompetensi dasar mendeskripsikan makna dan prinsip demokrasi). Penelitian kuantitatif menggunakan inrumen yang menghasilkan data numerikal (angka). Adapun sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Percut Sei Tuan yang berada di jalan Masjid Dusun IV Percut, Kabupaten Deli Serdang. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 252 siswa dan sampel pada penelitian ini yaitu 15% dari 252 yaitu sebanyak 40 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, angket (kuesioner), dokumentasi. Pengolahan data dengan metode kuantitatif statistik dengan menggunakan perhitungan rumus product moment. Hasil penelitian ini ditunjukan bahwa adanya pengaruh pembelajaran PPKn berbasis aktivitas belajar siswa untuk meningkatkan kompetensi dasar mendeskripsikan makna dan prinsip demokrasi di SMPN 3 Percut Sei Tuan tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dengan rhitung lebih kecil dari nilai rtabel atau 0,43<0,312 sehingga koefisien variabel X dan variabel Y signifikan, dimana rtabel pada n=40 pada taraf 5% adalah 0,312. Hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh thitung lebih besar dari pada ttabel (2,933>2,021) pada tarif 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-2 (40-2 = 38). Hal ini menunjukan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima yang menyatakan adanya pengaruh pembelajaran PPKn berbasis aktivitas belajar siswa untuk meningkatkan kompetensi dasar mendeskripsikan makna dan prinsip demokrasi di SMPN 3 Percut Sei Tuan tahun pelajaran 2020/2021
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PKN-097 |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Demokrasi; Pembelajaran PPKN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 02:12 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44536 |