Syahroni (2021) FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XII IIS MATA PELAJARAN BIOLOGI LINTAS MINAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 SECANGGANG T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4172141017 COVER.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
2. NIM. 4172141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4172141017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (795kB) | Preview
4. NIM. 41721141017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (705kB) | Preview
5. NIM. 4172141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (710kB) | Preview
6. NIM. 4172141017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
7. NIM. 4172141017 TABLES.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
8. NIM. 4172141017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
9. NIM. 4172141017 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 4172141017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
14. NIM. 4172141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi lintas minat pada masa pandemi Covid-19 ditinjau dari faktor penyebab kesulitan belajar siswa berdasarkan faktor internal dan eksternal. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sampel 62 siswa kelas XII IIS SMA Negeri 1 Secanggang. Instrumen penelitian adalah angket dan wawancara dianalisis dengan teknik persentase.
Faktor penyebab kesulitan siswa dalam mempelajari mata pelajaran biologi lintas minat pada masa pandemi Covid-19 ada dua faktor. Faktor internal terdiri dari kesehatan, intelegensi, minat, motivasi, dan psikiatik dan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, sekolah, mata pelajaran biologi serta masyarakat. Penelitian pada faktor internal menujukkan bahwa: (1) Kesehatan sebesar 56,45% termasuk kategori cukup menghambat, (2) Intelegensi sebesar 81,45% kategori sangat menghambat, (3) Minat sebesar 82,12% termasuk kategori sangat menghambat, (4) Motivasi sebesar 58,33% termasuk kategori cukup menghambat, (5) Psiatik sebesar 62,60% termasuk kategori menghambat. Sedangkan hasil penelitian pada faktor eksternal menunjukkan bahwa: (1) Lingkungan Keluarga sebesar 66,22% termasuk kategori menghambat, (2) Sekolah sebesar 61,60% termasuk kategori cukup menghambat, (3) Mata pelajaran biologi sebesar 63,03% termasuk kategori menghambat, (4) Masyarakat sebesar 64,31% termasuk kategori menghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesulitan belajar, Faktor internal dan eksternal, Lintas Minat, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 04:28 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44429 |