Sinurat, Listaran (2021) Pembinaan Guru Melalui Workshop pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMP Swasta Santa Lusia Sei Rotan. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM 8196132008 COVER.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
2. NIM 8196132008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
3. NIM 8196132008 FREWORD.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
4. NIM 8196132008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
5. NIM 8196132008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
6. NIM 8196132008 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
7. NIM 8196132008 TABLES.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
8. NIM 8196132008 APENDICES.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
9. NIM 8196132008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
13. NIM 8196132008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
14. NIM 8196132008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan guru dalam menyusun dan mempraktekkan perangkat pembelajaran khsusunya RPP berbasis inkuiri, melalui workshop model pembelajaran berbasis inkuiri. Subjek dari penelitian ini adalah guru pada SMP Swasta Santa Lusia Sei Rotan yang berjumlah sepuluh orang dan semuanya guru mata pelajaran. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan daftar telaah perangkat pembelajaran seluruhnya berjumlah Sembilan butir indikator. Sedangkan untuk mengamati penelitian workshop menyusun dan mempraktekkan perangkat pembelajaran (RPP) menggunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian untuk mengukur kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran (RPP). Kemampuan guru dalam menyusun RPP sebelum melakukan Workshop menyusun RPP dalam siklus I masih tergolong kategori rendah dengan predikat cukup yakni 79,3. Penilai kemampuan peserta selama aktivitas workshop pada siklus I adalah baik yakni mendapat nilai tertinggi 86 dan pada siklus II meningkat, masuk dalam kategori sangat baik dengan mendapat nilai tinggi 94. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan oleh peneliti disimpulkan bahwa penelitian tindakan sekolah melalui workshop model pembelajaran meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun perangkat pembelajara (RPP) berbasis inkuiri dan memudahkan dalam mempraktekkan di kelas. Implikasi penting dari hasil penelitian ini, ditujukan kepada yayasan dan sekolah dalam hal ini jenjang SMP secara khusus kepada SMP Swasta Santa Lusia Sei Rotan bahwa kegiatan penelitian tindakan sekolah melalui workshop model pembelajaran merupakan salah satu upaya membantu guru untuk memiliki kemampuan yang memadahi dalam menyusun perangkat pembelajaran (RPP) .