Sakti, Muda Genali (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 12 Sei Kambing. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186181021 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 8186181021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM. 8186181021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM. 8186181021 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM. 8186181021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 8186181021 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7. NIM. 8186181021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 8186181021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM. 8186181021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
13. NIM. 8186181021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
14. NIM. 8186181021 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Abstract
Salah satu alternatif yang dilakukan untuk memperbaiki serta meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran kolaboratif, yaitu model pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelompok bertujuan untuk mendorong siswa menemukan beragam pendapat atau pemikiran yang dikeluarkan oleh tiap siswa dalam kelompok, bukan untuk menyatukan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Kolaboratif dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional; (2) hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah (3) interaksi antara model pembelajaran Kolaboratif dan kecerdasan interpersonal siswa dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa. Penelitian berbentuk Quasi Experimental Design dengan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar PPKn dan instrumen Kecerdasan Interpersonal. Analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Kolaboratif terhadap hasil belajar PPKn siswa di kelas V SD Muhammadiyah 12 Sei Kambing ; (2) Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Kolaboratif dan Kecerdasan Interpersonal terhadap hasil belajar PPKn Siswa di SD Muhammadiyah 12 Sei Kambing.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Sak p |
Keywords: | hasil belajar; kecerdasan interpersonal; model pembelajaran Kolaboratif |
Subjects: | K Law > K Law (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 03:44 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44351 |